Keindahan Grojogan Watu Purbo, Air Terjun Enam Tingkat di Sleman yang Viral

Minggu, 13 September 2020 12:12 Reporter : Tantri Setyorini
Keindahan Grojogan Watu Purbo, Air Terjun Enam Tingkat di Sleman yang Viral Grojogan Watu Purbo. ©Instagram.com/tiara_bel

Merdeka.com - Yogyakarta punya banyak objek wisata menarik. Bukan cuma kotanya yang menyimpan banyak peninggalan budaya dan seni. Yogyakarta juga punya banyak objek wisata alam yang mampu memanjakan mata dengan keindahannya. Salah satunya adalah Grojogan Watu Purbo.

Grojogan Watu Purbo adalah destinasi wisata yang sudah ada sejak lama, namun baru jadi buah bibir beberapa bulan belakangan. Air terjun ini ramai dibicarakan sebagai objek wisata Instagramable sejak akhir tahun 2019 lalu.

Grojogan Watu Purbo berada di Sleman. Tepatnya di Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel. Bentuknya tak biasa, seperti terasering enam tingkat dan dialiri sederet air terjun kecil. Aliran airnya bersumber dari Sungai Krasak. Tak terlalu jernih, namun jika dipotret memang tampak nyata keunikannya.

Mulai Dilirik Wisatawan sejak 2017

Grojogan Watu Purbo sudah ada sejak tahun 1975. Teraseringnya difungsikan sebagai sabo, sebuah sistem pengaturan aliran lahar. Sabo tersebut merupakan langkah antisipasi jika Gunung Merapi meletus dan menyebabkan banjir lahar.

Puluhan tahun dipandang sebelah mata, akhirnya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat berinisiatif untuk menggali potensi wisata Grojogan Watu Purbo. Mereka memperkenalkan Grojogan Watu Purbo sebagai objek wisata pada tahun 2017. Langkah itu lantas disambut hangat oleh warga.

Grojogan Watu Purbo mulai dipadati pengunjung. Potretnya kerap wira-wiri di jejaring sosial, sehingga warga luar Yogyakarta pun tertarik untuk melihatnya secara langsung.

Baca Selanjutnya: Asal-Usul Nama Watu Purbo...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini