Bermanfaat Buat Pencernaannya, Hati-Hati Berikan Wheatgrass pada Kucing

Kamis, 13 Mei 2021 08:00 Reporter : Iwan Tantomi
Bermanfaat Buat Pencernaannya, Hati-Hati Berikan Wheatgrass pada Kucing ©shutterstock

Merdeka.com - Pernah melihat kucing memakan rumput? Dianggap dapat membantu pencernaannya, kini ada tren memberikan wheatgrass pada anabul. Tapi, ada baiknya sebelum ikut-ikutan menyediakan rumput gandum untuk hewan peliharaan, kenali dulu risiko dan efek samping yang bisa terjadi.

Apa itu Wheatgrass?

muezza baru
©shutterstock

Diperjualbelikan dalam bentuk benih, wheatgrass sendiri merupakan pucuk muda dari tanaman gandum. Setelah melakukan perendaman, benih gandum akan mulai berkecambah dan setelah beberapa hari akan muncul tunas hijau yang khas. Kandungannya pun dipercaya sarat nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan serat yang membantu pencernaan anabul.

Manfaat Wheatgrass untuk Kucing

muezza baru
©shutterstock

Ada beberapa manfaat yang digadang-gadang baik bagi kucing, salah satunya menstimulasi mentalnya. Bagi kucing rumahan, biasanya akan mudah merasa bosan jika kurang interaksi dengan pemiliknya. Dengan mengenalkan pada makanan, tekstur, dan rasa yang baru, hal ini bisa jadi hal menarik untuk kesehatan mentalnya.

Selain itu, asupan seratnya membantu anabul mengeluarkan gumpalan bulu dari perutnya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga dijadikan camilan sehat rendah kalori yang cocok untuk kucing yang kegemukan. Bahkan, wheatgrass sering disarankan untuk mengurangi kerusakan gigi dan menjaga kesehatan mulut anabul.

Cara Memberikan Wheatgrass

muezza baru
©shutterstock

Sempat jadi tren sebagai superfood, kebanyakan orang mengonsumsinya dengan cara menghaluskannya seperti sedang membuat jus. Cara ini juga bisa diaplikasikan saat ingin memberikan wheatgrass pada kucing. tapi bisa juga menyediakan rumput gandum ini dalam keadaan tumbh di tanah atau pot, yang menarik minat anabul untuk memakannya.

Efek Samping Wheatgrass

muezza baru
©shutterstock

Walau dianggap cukup aman untuk dikonsumsi oleh kucing, ada baiknya melakukan konsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu, apalagi jika melihat anabulmu mulai memakannya lebih banyak. Pasalnya, ada beberapa efek samping yang bisa dialami oleh hewan peliharaanmu seperti muntah atau diare. Hal ini terjadi akibat sistem pencernaan kucing yang tidak dirancang untuk mencerna rumput gandum.

Ragu memberikan makanan baru untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan kucing? tenang, ada Muezza yang mengandung bahan alami, salah satunya Ekstrak Yucca Schidigera. Terbuat dari bahan utama beberapa ligan saponin dan kompleks karbohidrat, ekstrak ini ampuh menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran cernanya.

muezza baru
©muezza

Selain menjaga kucing lebih sehat, kandungan alami ini juga mampu mengurangi bau dan membantu bentuk kotoran kucing menjadi gumpalan sehingga lebih mudah dibersihkan. Nutrisi penting lainnya seperti protein, asam lemak sehat, vitamin, dan mineral juga menjaga kucing tetap sehat dan perkembangannya pun pesat.

Sehat dan aman, Muezza juga sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Bebas cemas saat terjilat karena cat food-nya sudah halal, kini pemilik kucing juga lebih leluasa memegang, menyimpan, dan membawa makanannya bepergian. Tersedia dalam 4 pilihan rasa yang bisa disesuaikan dengan selera makan kucing, dapatkan semua varian Muezza di Shopee dan Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia [tmi]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Kucing
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini