Apa Itu Vegetable Glycerin? Berikut Ini Penjelasannya

Selasa, 9 Juli 2019 08:00 Reporter : Tantri Setyorini
Apa Itu Vegetable Glycerin? Berikut Ini Penjelasannya Ilustrasi vegetable glycerin. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Anda yang ingin mencoba produk kecantikan DIY atau berbasis bahan-bahan alami mungkin sudah pernah mendengar tentang produk yang bernama vegetable glycerin. Kadang juga disebut dengan istilah gliserol atau gliserin. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan vegetable glycerin? Mari kita cari tahu.

2 dari 4 halaman

Pengertian Vegetbale Glycerin

glycerin rev1

Menurut artikel lansiran situs kesehatan Healthline, gliserin adalah alkohol gula yang diekstrak dari lemak hewan, tumbuhan, atau minyak bumi. Bentuknya berupa cairan bening. Sementara vegetable glycerin biasanya dibuat dari minyak kedelai, kelapa, atau minyak kelapa sawit. Cairan tersebut umumnya tidak berbau, kental seperti sirup, dan agak manis jika dicicipi.

Vegetable glycerin dibuat dengan memanaskan lemak nabati yang kaya trigliserida di bawah tekanan atau bersama dengan alkali yang kuat, seperti larutan alkali. Proses ini menyebabkan gliserin terpisah dari asam lemak dan bercampur dengan air, membentuk cairan kental dan bening yang kita kenal sebagai produk jadi vegetable glycerin.

3 dari 4 halaman

Berkhasiat Melembapkan Kulit

kulit rev1

Vegetable glycerin sangat populer di industri kosmetik, terutama karena efek melembapkan yang dimilikinya. Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gliserin ke kulit secara teratur dapat meningkatkan kelembutan dan kekenyalannya. Faktanya, menggunakan krim yang mengandung gliserin dapat meningkatkan hidrasi kulit hanya dalam waktu 10 hari saja.

Dalam sebuah penelitian, krim yang terbuat dari gliserin lebih efektif mencegah hilangnya kelembapan daripada yang terbuat dari minyak silikon atau asam hialuronat (hyaluronic acid).

Dalam studi lain, menambahkan gliserin ke rendaman air hangat lebih efektif untuk meningkatkan kadar kelembaban kulit dan melindungi terhadap iritasi kulit dibandingkan dengan rendaman air hangat saja.

4 dari 4 halaman

Berkhasiat Menjaga Kesehatan Kulit

kesehatan kulit rev1

Vegetable glycerin dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan menenangkan iritasi kulit, melindungi kulit dari infeksi, dan membantu penyembuhan luka.

Studi menunjukkan bahwa aplikasi produk yang mengandung gliserin dapat melindungi kulit dari iritasi dan mikroba. Juga bisa menenangkan kulit yang meradang atau terluka.

Selain itu, vegetable glycerin juga dapat bertindak sebagai pelindung kulit dari pengaruh buruk eksternal, misalnya cuaca dingin yang bisa menjadikan kulit kering.

Studi lain melaporkan bahwa vegetable glycerin mungkin lebih efektif mengurangi sensasi perih pada kulit pasien eksim daripada plasebo. Namun, produk ini tampaknya tidak berpengaruh pada sengatan serangga atau gatal.

Vegetable glycerin bisa didapatkan dalam bentuk kemasan di toko-toko produk herbal. Anda juga bisa mencampurnya dengan lilin lebah, cocoa butter, atau shea butter untuk membuat lip balm dan body butter sendiri. [tsr]

Baca juga:
Pakai Skincare Dengan Cara yang Salah Bisa Bikin Mata Sembab
Pudarkan Bekas Luka dan Jerawat dengan Masker Kunyit
Perawatan Wajah dengan Minyak Bunga Sepatu, Herba Anti-Aging Sehebat Botox
Coba Penguapan Wajah dengan Teh Hijau untuk Kulit Segar dan Awet Muda
Cara Benar Manfaatkan Tea Tree Oil untuk 3 Masalah Kulit

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini