10 Jenis Kain yang Adem di Kulit, Cocok untuk Cuaca Panas

Senin, 7 Oktober 2019 08:05 Reporter : Tantri Setyorini
10 Jenis Kain yang Adem di Kulit, Cocok untuk Cuaca Panas Ilustrasi kain linen. ©Pixabay

Merdeka.com - Cuaca panas membuat tubuh jadi mudah gerah. Produksi keringat meningkat, sehingga rawan menyebabkan bau badan. Bagaimana cara untuk mengatasi masalah ini?

Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah menggunakan baju-baju yang sejuk. Setidaknya, kain bahan yang digunakan harus terasa dingin di kulit dan mudah menyerap keringat.

Berikut ini beberapa jenis kain bahan yang ringan dan terasa sejuk di kulit.

2 dari 11 halaman

Chambray

10 jenis kain yang adem di kulit, cocok untuk cuaca panas

Ilustrasi kain chambray. Pixabay

Kalau Anda tak bisa meninggalkan jeans bahkan di saat cuaca panas, setidaknya cobalah untuk beralih ke bahan chambray. Jenis kain ini kadang juga disebut soft jeans. Menurut artikel lansiran ELLE, chambray adalah sejenis denim, namun lebih tipis dan ringan.

3 dari 11 halaman

Linen

Kain linen dibuat dari tenunan serat rami. Biasanya digunakan sebagai bahan seprai, karena cukup sejuk dan mampu menyerap keringat dengan baik. Anda bisa memilih pakaian dengan bahan linen berkualitas yang lebih halus daripada linen biasa.

4 dari 11 halaman

Cotton Combed

10 jenis kain yang adem di kulit, cocok untuk cuaca panas

Ilustrasi kain cotton combed. Pixabay

Menurut artikel lansiran Olympics 30, cotton combed adalah jenis kain katun yang dibuat dari serat kapas murni. Biasanya digunakan untuk produksi kaus-kaus keluaran distro.

Jenis kain yang satu ini memiliki tekstur halus, dingin, dan sangat mudah menyerap keringat. Jadi memang ideal untuk bahan sandang di negara-negara beriklim tropis seperti Indonesia.

5 dari 11 halaman

Jersey

Ilustrasi kain chambray. Pixabay

Artikel di Bukalapak Review merekomendasikan kain jersey untuk bahan pakaian saat cuaca panas. Kain ini memiliki tekstur licin, mengilap, dan jatuh di badan.

Bahannya cenderung tipis dan agak transparan. Selain itu mudah kusut pula. Namun kainnya sendiri memang terasa dingin di kulit dan mudah menyerap keringat.

6 dari 11 halaman

Katun Jepang

Menurut artikel lansiran Gulalives, katun jepang biasa digunakan sebagai bahan mukena karena ringan dan sejuk. Kain ini mempunyai daya serap yang baik, sehingga cocok dijadikan bahan pakaian di musim kemarau. Selain itu, kain katun jepang juga lebih berkualitas daripada katun biasa, sehingga tidak mudah luntur meskipun dicuci berkali-kali.

7 dari 11 halaman

Katun Silk

Kain ini memadukan sejuknya katun dan kelembutan sutra. Kerap digunakan untuk bahan pakaian maupun mukena, karena sejuk di kulit.

8 dari 11 halaman

Katun Paris

Katun paris memiliki penampilan yang mirip dengan katun jepang. Terasa sejuk di kulit dan mudah menyerap keringat, namun sedikit lebih tipis daripada katun jepang.

9 dari 11 halaman

Katun Rayon

Kain katun rayon sedikit mirip dengan kaus, tetapi lebih jatuh dan sejuk.

10 dari 11 halaman

Sutra

10 jenis kain yang adem di kulit, cocok untuk cuaca panas

Ilustrasi kain sutra. Pixabay

Termasuk kain berkualitas tinggi, sutra terjamin kelembutan dan kesejukannya saat dikenakan. Namun harganya memang lebih mahal daripada kain jenis lain.

11 dari 11 halaman

Viscose

Meskipun tidak semahal sutra, kain viscose juga berkualitas tinggi. Terasa sejuk, mudah menyerap keringat, dan terlihat mewah pula.

Itulah jenis-jenis kain yang cocok untuk bahan pakaian saat cuaca panas. [tsr]

Baca juga:
Tips Menghilangkan Lipatan di Sepatu Kesayangan
Tips Outfit Double Denim Anti-Saltum Seperti Gigi dan Bella Hadid

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fashion
  3. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini