Pilpres 2019 di Tunisia, Jokowi-Prabowo Imbang

Kamis, 18 April 2019 20:36 Reporter : Merdeka
Pilpres 2019 di Tunisia, Jokowi-Prabowo Imbang Pemungutan suara Pemilu 2019 di Malaysia. ©AFP/Mohd Rasfan

Merdeka.com - Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo- Ma'ruf Amin berbagi suara sama kuat dengan Paslon Nomor Urut 02 Prabowo Subianto- Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019 di Tunisia.

Panitia Pemilihan Luar Negeri bersama dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri telah selesai melaksanakan proses penghitungan surat suara pada Rabu 17 April 2019. Proses tersebut merupakan hasil dari pemungutan suara Pilpres 2019 yang dilaksanakan pada Minggu 14 April.

Pada pemilihan tahun ini seluruh warga negara Indonesia di Tunisia yang tercatat berjumlah 142 sudah menggunakan hak pilihnya melalui dua metode TPS dan Pos. Itu artinya 100% pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap dan Daftar Pemilih Tambahan PPLN Tunis telah melakukan pencoblosan.

Menurut informasi dari KBRI Tunis yang diterima Kamis (18/3), pemungutan di TPS sejumlah 139 pemilih dan melalui Pos sejumlah 3 pemilih. Di samping itu terdapat 11 pemilih TPS yang telah memperoleh formulir A5 untuk pindah memilih di luar Tunisia.

Sementara itu pada Rabu 17 April, PPLN Tunis telah melakukan proses penghitungan surat suara pemilu presiden dan wakil presiden serta DPR RI dapil DKI Jakarta II dengan hasil akhir berimbang. Pada pemilu presiden dan wakil presiden pasangan calon 01 memperoleh 66 suara, dan pasangan calon 02 juga dengan perolehan serupa.

Sementara pada pemilu anggota DPR, Partai Keadilan Sejahtera memperoleh suara terbanyak dengan 41 suara, disusul oleh Partai Kebangkitan Bangsa dan PDI Perjuangan masing-masing memperoleh 24 suara dan 11 suara.

Selain itu terdapat 2 surat suara dinyatakan tidak sah untuk pemilu presiden dan wakil presiden. Dan 5 surat suara tidak sah untuk pemilu DPR.

Reporter: Tanti Yulianingsih

Sumber: Liputan6.com [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini