Menjawab Teka-Teki Sudahkah Kim Jong Un Disuntik Vaksin Covid-19?

Jumat, 9 Juli 2021 07:13 Reporter : Hari Ariyanti
Menjawab Teka-Teki Sudahkah Kim Jong Un Disuntik Vaksin Covid-19? Penampilan terbaru Kim Jong Un. ©KCTV/NK News

Merdeka.com - Tidak ada tanda bahwa pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, telah disuntik vaksin Covid-19 dan negaranya belum menerima satu pun vaksin dari luar negeri. Demikian diungkapkan Badan Intelijen Korea Selatan (NIS) pada Kamis (8/7).

Dalam rapat tertutup bersama anggota parlemen, NIS menyampaikan pihaknya belum mendeteksi informasi apapun bahwa Korea Utara telah memperoleh vaksin, menurut Ha Tae-keung, salah satu legislator yang hadir dalam rapat tersebut. Dia mengutip NIS yang mengatakan tidak ada tanda-tanda Kim telah divaksinasi.

COVAX, program pengiriman vaksin Covid-19 PBB ke seluruh dunia, menyampaikan pada Februari bahwa Korea Utara bisa menerima 1,9 juta dosis vaksin pada paruh pertama tahun ini. Tapi pengiriman belum dilakukan, dan belum ada laporan Korea Utara telah berusaha mengamankan vaksin untuk 26 juta warganya.

Dikutip dari laman ABC News, Kamis (8/7), NIS memiliki beragam catatan dalam melaporkan perkembangan di Korea Utara, salah satu negara paling tertutup di dunia. Beberapa pakar non pemerintah telah berspekulasi bahwa Kim dan wakil-wakilnya mungkin telah menerima vaksin yang diimpor dari jaringan tidak resmi.

Anggota parlemen lainnya, Kim Byung-kee, mengutip NIS mengatakan bahwa pemerintah Korea Utara memupus harapan warganya bahwa mereka akan menerima vaksin dari luar negeri dan malah mendesak mereka untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus corona.

Dia mengatakan, Korea Utara membangun pos penjaga dan tembok betook di sepanjang perbatasannya dengan China untuk mencegah penyeberangan perbatasan ilegal sebagai bagian langkah mencegah penyebaran virus. Kim Byung-kee mengatakan, para anggota parlemen diceritakan bahwa Korea Utara bahkan melarang masuknya diplomat dari China, sekutu dan penyandang bantuan utamanya.

Baca Selanjutnya: Kekurangan peralatan disinfektan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini