Kebakaran Amazon, Presiden Brasil Larang Pembakaran Lahan Selama 60 Hari

Jumat, 30 Agustus 2019 17:41 Reporter : Merdeka
Kebakaran Amazon, Presiden Brasil Larang Pembakaran Lahan Selama 60 Hari hutan amazon yang terbakar. ©2019 REUTERS/Ueslei Marcelino

Merdeka.com - Presiden Brasil Jair Bolsonaro melarang aktivitas pembakaran untuk membersihkan lahan di seluruh negara selama 60 hari. Langkah ini adalah respons atas kebakaran hutan hujan Amazon yang memicu kemarahan internasional.

Menurut keputusan resmi yang dirilis pada Kamis pagi, larangan itu dimulai sejak Rabu lalu, hari ketika keputusan itu ditandatangani.

Praktik menggunakan api untuk membersihkan lahan untuk tanaman atau ternak baru adalah hal yang biasa dilakukan petani di pedesaan Brasil.

Bolsonaro telah berulang kali mengatakan Amazon harus dibuka untuk pembangunan.

Dilansir dari laman CNN, Jumat (30/8), para ahli mengatakan kebijakan Bolsonaro yang pro-pembangunan menyebabkan peternak dan petani membakar hutan hujan Amazon untuk keperluan budidaya dan pertanian.

Larangan pembakaran lahan itu disampaikan setelah para ilmuwan memperingatkan, kebakaran yang berkecamuk di hutan hujan Amazon bisa melemahkan perang melawan perubahan iklim dunia.

CNN menyebutkan, Amazon meliputi delapan negara dan mencakup 40 persen dari Amerika Selatan dan dijuluki sebagai "paru-paru dunia" karena hampir 20 persen oksigen dihasilkan dari hutan hujan ini.

Bolsonaro mengumumkan para pemimpin Amerika Selatan akan bertemu pada 6 September di Kolombia untuk membahas kebijakan seputar situasi di Amazon.

Kantor Berita AFP kemarin menyebutkan, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres mendesak dunia untuk berbuat lebih banyak guna mengatasi kebakaran Amazon.

"Kami sangat mengimbau mobilisasi sumber daya dan kami telah menghubungi sejumlah negara untuk melihat apakah, selama sidang di Majelis Umum, mungkin ada pertemuan yang ditujukan untuk mobilisasi dukungan ke Amazon," ujar Guterres kepada wartawan, seperti dilaporkan AFP.

Reporter Magang: Ellen RiVeren [pan]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini