Kameramen Fox News dan Seorang Jurnalis Tewas Terkena Serangan di Ukraina

Rabu, 16 Maret 2022 09:56 Reporter : Hari Ariyanti
Kameramen Fox News dan Seorang Jurnalis Tewas Terkena Serangan di Ukraina Kameramen Fox News Pierre Zakrzewski, yang tewas di Ukraina, selfie bersama rekan-rekannya di Kiev.. ©FOX News Sunday/Handout via REUTERS

Merdeka.com - Kameramen Fox News, Pierre Zakrzewski dan jurnalis Ukraina, Oleksandra "Sasha" Kuvshynova tewas di Ukraina setelah kendaraan yang mereka tumpangi ditembak. Berita kematian ini disampaikan Fox News, jaringan media asal AS pada Selasa.

Zakrzewski (55), sedang liputan bersama jurnalis Fox News lainnya, Benjamin Hall, pada Senin ketika mereka diserang di dekat ibu kota Kiev, seperti disampaikan CEO Fox News, Suzanne Scott dalam sebuah memo kepada stafnya. Hall masih berada di rumah sakit.

Dikutip dari Reuters, Rabu (16/3), Zakrzewski merupakan veteran fotografer perang yang meliput berbagai konflik untuk Fox News, termasuk di Irak, Afghanistan, dan Suriah. Zakrzewski tinggal di London dan bekerja di Ukraina sejak Februari.

Dalam pernyataan kedua, Scott mengatakan Sasha (24) membantu kru Fox menuju Kiev dan wilayah sekitarnya sambil mengumpulkan informasi dan berbicara dengan para narasumber.

Sedikitnya empat jurnalis tewas dalam tiga pekan perang Rusia-Ukraina. Pembuat film asal Amerika, Brent Renaud ditembak mati pasukan Rusia di daerah Irpin, yang masuk kawasan Kiev, seperti disampaikan kepala kepolisian regional pada Minggu.

Pada 1 Maret, operator kamera Ukraina, Yevhenii Sakun tewas ketika pasukan Rusia menggempur menara televisi di Kiev, menurut akun media sosial mantan rekan kerjanya yang dikutip Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ). [pan]

Baca juga:
Senat AS Putuskan Putin Penjahat Perang
Dunia Terancam Krisis Pangan
Rusia Yakin Tidak Kekurangan Pangan, Imbau Warga Tidak Menimbun Bahan Pokok
Kremlin: Tidak Ada Permintaan dari Ukraina untuk Berbicara dengan Putin
Zelenskyy Janji Tentara Rusia akan Dibiarkan Hidup Jika Menyerah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini