Junta Militer Myanmar Tangkap Seorang Aktor Ternama dan Buru 120 Pesohor

Kamis, 8 April 2021 14:00 Reporter : Hari Ariyanti
Junta Militer Myanmar Tangkap Seorang Aktor Ternama dan Buru 120 Pesohor Paing Takhon, model yang juga aktor dan penyanyi Myanmar. ©Instagram/Paing_Takhon, AFP

Merdeka.com - Aktor, penyanyi, dan model Myanmar ternama, Paing Takhon (24), yang mendukung gerakan unjuk rasa anti-kudeta ditangkap pada Kamis (8/4), saat junta memburu lebih dari 100 selebritas karena mendukung gerakan tersebut.

Myanmar dilanda kekacauan sejak militer melakukan kudeta pada 1 Februari. Aparat melancarkan tindakan keras mematikan terhadap para penentang kudeta, di mana ratusan orang tewas dan lebih dari 2.500 ditangkap.

Paing Takhon, yang juga terkenal di Thailand - aktif dalam gerakan unjuk rasa baik secara langsung maupun di media sosial. Paing memiliki jutaan pengikut di media sosial.

Menurut unggahan saudara perempuannya, Thi Thi Lwin di Facebook, “Sekitar 50 tentara dengan delapan truk militer,” datang untuk menangkapnya dari rumah ibunya di daerah Dagon Utara di Yangon pada Kamis pagi.

“Karena dia sakit parah, mereka menangkapnya dengan tenang tanpa kekerasan. Kami tidak tahu kemana dia dibawa,” jelasnya, dilansir Channel News Asia, Kamis (8/4).

Menurut unggahan di akun media sosialnya baru-baru ini - di mana dia memiliki lebih dari 1 juta pengikut di Facebook dan Instagram - Paing Takhon dalam kondisi kesehatan yang buruk.

“Saya tidak dalam kesehatan yang baik selama beberapa hari. Saya biasa berdoa setiap kali saya menyembah Buddha meminta kesehatan yang baik dan untuk mendapatkan kedamaian di Myanmar secepat mungkin,” tulisnya pada hari Rabu.

Pada Februari, Paing mengunggah foto dirinya dengan pakaian olahraga putih membawa megafon, topi pelindung, dan anjing berbulu putih yang diikat di dadanya saat melakukan unjuk rasa.

“Bantu kami menghentikan kejahatan terhadap kemanusiaan,” tulisnya di Instagram.

Halaman media sosialnya telah dihapus, meskipun tidak jelas apakah dia melakukannya sendiri.

Pada Januari, dia mencukur kepalanya dan bergabung sebentar menjadi biarawan Buddha, memunggah foto dirinya dengan jubah merah anggur. Foto-fotonya, dibagikan di Instagram, dibagikan secara luas di media sosial di mana para pengguna mengomentari penampilannya.

Pihak berwenang Myanmar telah menerbitkan daftar sekitar 120 selebriti yang sedang diburu, termasuk penyanyi Lin Lin dan Chit Thu Wai, aktor Phway Phway, Eaindra Kyaw Zin dan Pyay Ti Oo serta model May Myat Noe. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini