Ilmuwan Australia yakin temukan lokasi pesawat MH370

Jumat, 21 April 2017 16:10 Reporter : Yulistyo Pratomo
Kemungkinan radius jangkauan pesawat Malaysia Airlines MH370. ©Wall Street Journal

Merdeka.com - Badan keilmuan Australia dengan percaya diri mengaku telah mengetahui lokasi pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang. Pengakuan ini dilakukan bersamaan dengan tudingan terhadap pemerintah karena dianggap menutupi informasi soal temuan tersebut.

Dilansir The Guardian, Jumat (21/4), Badan Keamanan Transportasi Australia (ATSB) telah menyatakan menangguhkan pencarian dengan menggunakan pindai sonar laut-dalam di Samudera Hindia selatan. Pencarian tersebut tidak menuai hasil.

Kini pencarian baru telah dipastikan (ATSB), di mana pesawat yang hilang sejak 2014 tersebut berada di bagian utara dari area pencarian semula. Hal itu diketahui setelah mereka melakukan uji coba degan menggunakan pecahan badan pesawat Boeing 777 di tengah samudera, di mana pengujian sebelumnya memakai replika yang tidak sama.

Dari analisa itu, ilmuwan memodifikasi bagian sayap asli tersebut yang dibuat mirip dengan serpihan pesawat MH370, yang ditemukan di Pulau Reunion pada Juli 2015 lalu.

"Ini mengindikasikan lokasi MH370 sebenarnya berada di area pencarian yang baru. Kami tidak bisa meyakini sepenuhnya, tetapi semua bukti-bukti yang kami miliki, dan ini merupakan pekerjaan baru dan memberikan kami tambahan semangat selama pencarian," kata kepala tim peneliti CSIRO, David Griffin.

Area yang dimaksud itu diyakini berada di garis 40 derajat LS dan 30,5 derajat LS, serupa dengan dugaan ATSB pada Desember di mana serpihan pesawat bisa jadi berada sekitar 25 ribu km persegi di bagian utara area pencarian sebelumnya.

Meski demikian, menteri perhubungan Malaysia, China dan Australia memilih menunda pencarian MH370 sampai 'bukti baru yang kredibel' yang menunjukkan lokasi sebenarnya. Mereka juga memuji upaya CSIRO melakukan usaha demi menemukan pesawat tersebut.

"Tetapi sebagai catatan penting bahwa temuan itu tidak memberikan bukti baru yang mengarahkan lokasi spesifik MH370," ujar Menteri Perhubungan Australia, Darren Chester. [tyo]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.