Hari Ini, WNI di Malaysia dan Filipina Ikuti Pencoblosan Pemilu 2019

Minggu, 14 April 2019 10:01 Reporter : Tim Merdeka
Hari Ini, WNI di Malaysia dan Filipina Ikuti Pencoblosan Pemilu 2019 Simulasi pencoblosan Pemilu 2019. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur, Malaysia membuka 255 Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) sehubungan dengan dimulainya tahapan Pemilu 2019 metode TPSLN, Minggu (14/4). TPSLN dibuka mulai pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat.

"Kami mengimbau kepada seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Malaysia untuk dapat menggunakan hak pilihnya untuk memilih Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia serta calon anggota DPR RI pada Pemilu 2019," ujar Ketua PPLN Kuala Lumpur, Agung Cahaya Sumirat, Sabtu (13/4).

Bagi WNI yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN), masih tetap dapat menggunakan hak pilihnya di TPS dan akan dilayani satu jam sebelum TPS ditutup sejauh masih ada sisa surat suara.

"Syaratnya menunjukkan salah satu dari paspor RI atau Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) RI atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik," kata Agung.

Sebanyak 255 TPSLN di Malaysia tersebar di 89 lokasi. Jumlah TPS di masing-masing lokasi bervariasi mulai satu sampai 25 TPS. Untuk pembukaan TPS yang jumlahnya besar berada di KBRI Kuala Lumpur Jalan Tun Razak sebanyak 25 TPS, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) sebanyak 23 TPS dan Hotel Desaria Villa Condominium, Kampung Batu 9, Puchong Selangor sebanyak tujuh TPS.

Masing-masing TPS terdapat 510 surat suara Capres dan Cawapres dan 510 Calon Anggota DPR RI. Untuk informasi status terdaftar atau tidak di DPTLN bisa dicek di situs web www.pplnkualalumpur.org/search.

Selain Malaysia, WNI yang berada di Filipina juga mengikuti pencoblosan hari ini. TPSLN juga dibuka mulai pukul 08.00-18.00 waktu setempat. Duta Besar RI untuk Filipina, Sinyo Harry Sarundajang berharap pemungutan suara di KBRI Manila berlangsung lancar dan aman. Dia pun menyampaikan arahan untuk peningkatan antisipasi pengamanan pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara di PPLN Manila.

PPLN Manila melaporkan, total calon pemilih dalam DPT di Filipina per 16 Desember 2018 sebanyak 1.683 orang. Ada dua TPSLN di KBRI Manila, dan di TPS 001 terdaftar sebanyak 655 calon pemilih dan di TPS 002 sebanyak 654 calon pemilih. Selain itu, pelaksanaan Kotak Suara Keliling (KSK) telah berlangsung dengan aman dan lancar, dengan rincian KSK 001 diikuti 68 pemilih dan KSK 002 diikuti 62 pemilih.

Untuk pencoblosan dengan metode pos, surat suara sudah dikirim kepada 244 calon pemilih sejak pekan ke-3 Maret 2019, dan saat ini sedang menunggu pengiriman balik surat suara via pos.

Berdasarkan penilaian Tim Pengamanan KBRI Manila yang terdiri atas atase pertahanan, atase militer, atase kepolisian, dan pejabat diplomatik dan konsuler (sekkabsus), hingga kini belum ditemukan potensi ancaman dan gangguan untuk pelaksanaan Pemilu di PPLN Manila. Koordinasi dengan pihak keamanan Filipina juga sudah dilakukan, termasuk penggunaan akses parkir di sepanjang jalan di depan KBRI Manila. Selain itu, pemasangan CCTV di ruang logistik dan surat suara Pemilu juga sudah dilakukan sejak Kamis (11/4).

Sumber: Liputan6 [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini