Erdogan Berang Usai Alquran Dibakar, Ancam Tidak Dukung Swedia Masuk NATO

Selasa, 24 Januari 2023 11:30 Reporter : Pandasurya Wijaya
Erdogan Berang Usai Alquran Dibakar, Ancam Tidak Dukung Swedia Masuk NATO Presiden Recep Tayyip Erdogan. ©2017 Bloomberg

Merdeka.com - Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan mengatakan Swedia jangan berharap mendapat dukungan dari negaranya untuk masuk aliansi militer NATO setelah peristiwa pembakaran kitab suci Alquran di depan Kedutaan Besar Turkiye di Stockholm akhir pekan lalu.

"Mereka yang berbuat hal memalukan di depan kedutaan kami jangan berharap kami bermurah hati soal ingin masuk NATO," ujar Erdogan usai rapat kabinet di Ibu Kota Ankara kemarin, seperti dilansir laman TRT World, Selasa (24/1).

Erdogan menyampaikan pidatonya itu setelah Rasmus Paludan, politikus partai kanan Denmark Stram Kurs (Garis Keras) membakar Alquran di depan kedutaan Turkiye Sabtu lalu di bawah perlindungan polisi dan mendapat izin dari pemerintah Swedia.

Erdogan menambahkan, jika Swedia "tidak memperlihatkan rasa hormat terhadap keyakinan beragama muslim di Turkite dan di seluruh dunia, maka mereka tidak akan mendapat dukungan dari Ankara."

2 dari 2 halaman

Sebelumnya Kantor Urusan Agama Kepresidenan Turkiye, Diyanet, mengumumkan rencana mengajukan tindakan hukum atas peristiwa tersebut.

Kepala Kantor Urusan Agama Kepresidenan Turkiye Ali Erbas mengatakan kepada wartawan di Ankara kemarin, perwakilan dari lembaganya dan 120 konsultan akan mengajukan protes atas insiden itu.

"Kami akan memprotes tidak hanya atas pembakaran Alquran di Swedia, tapi juga terhadap serangan Islamofobia di negara-negara Eropa." [pan]

Baca juga:
Geram, Ribuan Muslim Sejumlah Negara Protes Pembakaran Alquran di Swedia
Ini Tampang Politikus yang Membakar Alquran di Swedia, Rasis Berkedok Pro Kebebasan
Rasmus Paludan, Sosok Rasis Pernah Dipenjara dan Daftar Kebenciannya terhadap Muslim
Turki Marah Besar, Demonstran Bakar Alquran di Depan Kedutaan Negaranya Di Swedia
Gumpalan Awan Aneh Berbentuk UFO Muncul di Langit Turki
Indonesia Mengutuk Aksi Pembakaran Alquran di Swedia
Penampakan Ketapel Raksasa yang Melempar Nabi Ibrahim ke Kobaran Api, ini Potret Asli

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini