Dua Hari Berturut-turut Bandara Hong Kong Batalkan Semua Jadwal Penerbangan

Selasa, 13 Agustus 2019 17:30 Reporter : Pandasurya Wijaya
Dua Hari Berturut-turut Bandara Hong Kong Batalkan Semua Jadwal Penerbangan Ribuan penumpang terlantar di Bandara Hong Kong. ©REUTERS/Issei Kato

Merdeka.com - Bandara Internasional Hong Kong membatalkan semua jadwal penerbangan di hari kedua berturut-turut. Pemimpin Hong Kong Carrie Lam memperingatkan demonstran kota itu bisa terjebak dalam situasi 'neraka'.

Ratusan pengunjuk rasa bermasker menggelar demo di aula keberangkatan di Bandara Internasional Hong Kong. Aksi itu membuat penumpang yang sudah terdaftar tidak bisa menuju ke pesawat dan akhirnya memaksa dua gerbang utama keberangkatan ditutup.

Maskapai penerbangan Cathay Pacific hari ini sudah membatalkan ratusan penerbangan setelah pemerintah memutuskan untuk menutup sementara bandara ketika demonstrasi berlangsung di aula kedatangan.

cathaypacific.com

Pihak berwenang mengatakan, lalu lintas menuju bandara juga terjebak macet dan lapangan parkir bandara penuh demonstran. Unjuk rasa di bandara ini sudah memasuki hari keempat.

"Sangat tidak nyaman buat orang. Saya tidak menyangka demonya akan berdampak besar seperti ini," kata seorang mahasiswa Meagen Scantlebury. Dia dan kakaknya, Julian, besar di Hong Kong tapi kuliah di Inggris dan Australia. Mereka berdua tidak tahu kalau penerbangan dibatalkan.

Unjuk rasa yang sudah berlangsung sejak lebih dari dua bulan ini belum ada tanda-tanda akan mereda. Demonstrasi besar-besaran ini dipicu oleh rencana pemerintah Hong Kong yang akan meloloskan undang-undang ekstradisi.

Bandara Hong Kong termasuk yang tersibuk di Asia dengan sekitar 75 juta penumpang hilir mudik di bandara ini pada tahun lalu. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Protes Hong Kong
  2. Hong Kong
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini