Dinosaurus yang Bisa Hidup di Air Ditemukan di Mongolia

Senin, 5 Desember 2022 17:05 Reporter : Hari Ariyanti
Dinosaurus yang Bisa Hidup di Air Ditemukan di Mongolia Dinosaurus aneh dari Mongolia. © Daily Mail

Merdeka.com - Spesies baru dinosaurus ditemukan di Mongolia. Analisis struktur tulang makhluk yang telah punah ini mengungkapkan, walaupun spesies ini dari klad taksonomi yang sama dengan T-rex dan dinosaurus karnivora bipedal lainnya, spesies ini bisa hidup di air.

Temuan ini diungkapkan dalam sebuah artikel yang diterbitkan Communications Biology pada Kamis.

Spesies baru ini dinamakan Natovenator polydontus yang artinya "pemburu berenang dengan banyak gigi", ditemukan di Provinsi Omnogovi, Mongolia. Spesies ini diyakini hidup di zaman Kapur atas, periode waktu yang membentang sekitar 100 juta tahun sampai sekitar 66 juta tahun yang lalu, dikutip dari laman The Jerusalem Post, Senin (5/12).

Natovenator masuk kategori dinosaurus yang disebut theropoda. Keluarga theropoda ini termasuk juga T-rex, allosaurus, velociraptor, deinonychus, dan lainnya.

Selain itu, para peneliti juga bisa menempatkan spesies baru ini di subfamili Dromaeosauridae, Halszkaraptorinae, sebuah keluarga yang berisi spesies seperti Halszkaraptor, dinosaurus theropoda mirip unggas air.

Di antara theropoda non-unggas, Natovenator unik karena dianggap semi-akuatik. Selain itu, di antara theropoda akuatik atau semi-akuatik yang telah ditemukan, tidak ada yang memiliki struktur fisiologis ramping seperti tulang rusuk Natovenator.

Menurut penelitian, struktur tulang rusuk Natovenator "menunjukkan karakteristik anatomi yang sangat mirip dengan adaptasi akuatik di Halszkaraptor," semakin memperkuat bukti gaya hidup akuatiknya.

Penemuan ini membantu menjelaskan lintasan evolusi yang diambil oleh theropoda kuno dan lebih lanjut menyoroti kesamaan antara burung modern dan hewan prasejarah yang sejenis dengan mereka.

Baca juga:
Fosil Naga Laut Berusia 180 Juta Tahun Ditemukan di Waduk Inggris
Dinosaurus Pernah Bertarung dengan Buaya Purba 67 Juta Tahun Lalu
Ilmuwan Temukan Mamalia Tertua di Bumi yang Hidup 225 Juta Tahun Lalu
Ilmuwan Temukan Dinosaurus Tertua di Afrika yang Hidup 230 Juta Tahun Lalu
Ilmuwan Temukan Fosil Monster Penguasa Lautan yang Hidup 66 Juta Tahun Lalu
Jejak Kaki Dinosaurus dari 113 Juta Tahun Lalu Muncul dari Sungai yang Mengering
Ilmuwan: T-rex Satu-Satunya Raja Dinosaurus

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini