Botswana Temukan Berlian Lebih dari 1.000 Karat dan Terbesar Ketiga di Dunia

Jumat, 18 Juni 2021 09:36 Reporter : Hari Ariyanti
Botswana Temukan Berlian Lebih dari 1.000 Karat dan Terbesar Ketiga di Dunia Berlian terbesar ketiga di dunia. ©MONIRUL BHUIYAN/AFP

Merdeka.com - Sebuah berlian 1.098 karat diyakini menjadi batu mulia terbesar ketiga dunia yang pernah digali, ditemukan di Botswana, menurut sebuah pernyataan bersama Anglo American's (AAL.L) De Beers dan pemerintah.

Batu mulia itu ditunjukkan ke Presiden Mokgweetsi Masisi pada Rabu oleh direktur pengelola sementara Debswana Diamond Company, Lynette Armstrong. Ini adalah berlian terbesar ketiga di dunia, setelah berlian Cullinan 3.106 karat yang ditemukan di Afrika Selatan pada 1905 dan berlian Lesedi La Rona 1.109 karat ditemukan Lucara Diamonds di Botswana pada 2015.

“Ini adalah berlian terbesar yang ditemukan Debswana dalam sejarahnya selama 50 tahun beroperasi,” jelas Armstrong, dikutip dari Reuters, Jumat (18/6).

“Dari analisis pendahuluan kami ini bisa menjadi batu mulia terbesar ketiga di dunia. Kami belum membuat keputusan apakah menjualnnya melalui jaringan De Beers atau melalui perusahaan milik negara Okavango Diamond Company,” lanjutnya.

Menteri Pertambangan, Lefoko Moagi menyampaikan penemuan batu mulia yang ini belum diberi nama, yang memiliki ukuran panjang 73 mm, lebar 52 mm, dan ketebalan 27 mm, datang pada waktu yang tepat setelah pandemi Covid-19 menghantam penjualan berlian pada tahun 2020.

Pemerintah menerima pendapatan sebesar 80 persen dari penjualan Debswana melalui dividen, royalti, dan pajak.

Produksi Debswana anjlok 29 persen pada 2020 menjadi 16,6 juta karat sementara penjualan turun 30 persen menjadi USD 2,1 miliar karena pandemi berdampak pada produksi dan permintaan.

Pada 2021, Debswana berencana meningkatkan produksi sebanyak 38 persen ke tingkat pra-pandemi sebesar 23 juta karat karena pasar berlian global pulih dengan pelonggaran pembatasan perjalanan dan pembukaan kembali toko perhiasan. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini