Ahmadinejad maju lagi jadi capres Iran

Rabu, 12 April 2017 19:03 Reporter : Pandasurya Wijaya
Ahmadinejad maju lagi jadi capres Iran Ahmadinejad. REUTERS/Murdani Usman

Merdeka.com - Mantan presiden Iran Mahmud Ahmadinejad mengambil langkah mengejutkan dengan maju lagi menjadi calon presiden Iran dalam pemilu 19 Mei mendatang.

Ahmadinejad hari ini mendaftarkan namanya ke Kementerian Dalam Negeri meski tahun lalu dia pernah mengatakan tidak akan maju lagi sebagai calon presiden. Pemimpin spiritual tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei sebelumnya menyarankan Ahmadinejad untuk tidak maju lagi sebagai capres.

Middle East Eye melaporkan, Rabu (12/4), Ahmadinejad pekan lalu menyatakan dukungan terbuka kepada mantan wakilnya Hamid Baghaie yang akan maju sebagai calon presiden.

Meski keputusannya untuk kembali maju terlihat menentang Khamenei dia mengatakan kepada wartawan, dirinya masih tetap memegang teguh janji moral untuk tidak maju sebagai capres.

"Saran Khamenei itu bukan larangan. Saya ulangi, saya masih memegang komitmen moral untuk tidak maju lagi. Kehadiran dan pendaftaran ini hanya untuk mendukung Baghaie," kata dia.

Kelompok konservatif Kamis lalu mengumumkan lima bakal calon presiden dan mereka akan menggelar pemilihan awal untuk menentukan siapa yang unggul dan layak bersaing dengan Presiden Hassan Rouhani.

[pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini