16 Kepala negara akan ke Indonesia hadiri KTT IORA pertama

Kamis, 2 Maret 2017 14:50 Reporter : Ira Astiana
16 Kepala negara akan ke Indonesia hadiri KTT IORA pertama Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kemlu Desra Percaya di IORA. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Indonesia menjadi tuan rumah pertama untuk Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (IORA). Selama ini, pertemuan IORA hanya sebatas tingkat menteri.

"KTT IORA tahun ini akan diselenggarakan pada 4 sampai 6 Maret di Jakarta Convention Centre. Ke-21 anggota IORA dipastikan hadir dalam pertemuan ini," kata Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Desra Percaya saat menggelar jumpa pers di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (2/3).

Dalam pertemuan ini, sejumlah kepala negara akan hadir di Indonesia. Desra mengatakan ada sekitar sembilan kepala negara yang dikonfirmasi akan hadir.

"Ini pertama kalinya Indonesia menginisiasi pertemuan hingga ke tingkat kepala negara. Bahkan, sebanyak 16 kepala negara VVIP terkonfirmasi hadir di pertemuan ini. Mereka adalah lima presiden, empat wakil presiden, empat perdana menteri dan 3 wakil perdana menteri," ungkap Desra.

Desra menyebut, di antara kepala negara VVIP yang pasti hadir, terselip nama Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma dan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena di sana. Sementara untuk kepala negara VVIP lain, Desra enggan menyebut demi alasan tertentu.

Dalam KTT IORA ini, Desra menambahkan, berbagai isu akan dibahas, khususnya yang ada di kawasan Samudra Hindia. Selain itu, mantan Duta Besar Indonesia untuk PBB itu juga mengatakan, akan disepakati beberapa penyelesaian yang menunjukkan suatu langkah nyata selama empat tahun ke depan.

"Isu yang menjadi perhatian khususnya soal maritime security di kawasan Samudra Hindia. Selain itu, kami juga akan membahas blue economy, women empowerment, culture, serta kesepakatan deklarasi pencegahan serta penanggulangan aksi terorisme serta kejahatan kelompok ekstremis," paparnya.

Desra menuturkan KTT IORA ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Sebab, untuk pertama kalinya Indonesia bisa membawa pertemuan ini hingga mencapai ke tingkat kepala negara. Selain itu, cakupan isu yang dibahas juga lebih luas dari sebelumnya.

KTT IORA yang pertama akan diselenggarakan di Jakarta, pada 5-7 Maret mendatang. Sejak keketuaan IORA diserahkan kepada Indonesia 2015 silam, pemerintah, dalam hal ini Kementerian Luar Negeri, sudah merencanakan akan membawa IORA ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu tingkat kepala negara. [che]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini