CEK FAKTA: Viral Video Timses Paslon Pilkada Datangi Paranormal, Ini Faktanya

Rabu, 9 Desember 2020 12:35 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Viral Video Timses Paslon Pilkada Datangi Paranormal, Ini Faktanya Paguyuban Paranormal dukung Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar sebuah video yang disebut-sebut aksi seorang paranormal menjelang Pilkada. Informasi itu menyebutkan bahwa menjelang Pilkada, dukun dan paranormal selalu didatangi para timses paslon.

video aksi dukun selama kampanye pilkada
Facebook

Video berdurasi 50 detik itu memperlihatkan seorang paranormal yang duduk dikelilingi oleh orang-orang. Paranormal itu menengadahkan tangannya, seperti sedang memanjatkan doa. Video itu diunggah pada 28 September 2020.

"LARIS MANISS ..ORANG BODOH BERTEMU
Menjelang Pilkada, Dukun & Paranormal Laris Manis didatangi para Timses Pasangan Masing2.
.
Larangan mendatangi dukun."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, video paranormal didatangi timses paslon jelang Pilkada sudah beredar sejak 2018 lalu.

Penjelasan video paranormal yang didatangi timses paslon jelang Pilkada, dijelaskan dalam artikel merdeka.com berjudul "Paguyuban paranormal minta bantuan gaib menangkan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi" pada 23 April 2018.

Tak hanya melulu mengurusi persoalan mistis, Paguyuban Paranormal Sunda ternyata mengamati perjalanan Pemilihan Gubernur Jawa Barat. Ketua Paguyuban Paranormal Jabar, Tubagus Zunaedi mengatakan Jawa Barat perlu pemimpin yang bisa melakukan perbaikan di berbagai sektor terutama dalam hal mengembalikan jati diri masyarakat dan budaya sunda yang sedikit demi sedikit mulai terkikis.

"Jabar perlu sosok pemimpin baru yang bisa mengembalikan budaya sunda menjadi prinsip dasar kehidupan," katanya saat ditemui di Bale Dago, Jalan Awiligar, Senin (23/4).

Ia bahkan mengaku sudah melakukan penerawangan melalui mata batin serta meramalkan jika pada satu waktu akan datang tokoh asli sunda yang akan menyelamatkan kembali kejayaan budaya sunda.

Disinggung mengenai calon yang dimaksud, ia mengaku akan mendukung Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi.

Untuk mewujudkan keyakinan tersebut, Paguyuban Paranormal Sunda akan meminta bantuan gaib.

Mereka berkeyakinan, jika nantinya Deddy Mizwar dan Deddi Mulyadi memimpin Jawa Barat, kemakmuran dan kejayaan masyarakat Sunda seperti saat dulu dipimpin oleh Prabu Siliwangi akan kembali.

"Inilah sikap politik kami sebagai warga Jawa Barat yang memiliki hak untuk berpolitik. Kami yakin, dengan bantuan kemampuan dan dorongan doa dari kami Paguyuban Paranormal Sunda, Pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi menjadi pemimpin Jawa Barat selanjutnya," pungkasnya.

Kesimpulan

Video paranormal didatangi timses paslon jelang Pilkada memang benar. Namun video itu sudah beredar sejak 2018 lalu.

Saat itu, Ketua Paguyuban Paranormal Jabar, Tubagus Zunaedi mendukung Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi. Untuk mewujudkan keyakinan tersebut, Paguyuban Paranormal Sunda akan meminta bantuan gaib.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini