CEK FAKTA: Tidak Benar Tempurung Kelapa Bisa Sembuhkan Gigi Berlubang

Rabu, 18 November 2020 12:29 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Tempurung Kelapa Bisa Sembuhkan Gigi Berlubang ilustrasi gigi. www.ourknowledgeisyourpower.com

Merdeka.com - Informasi tempurung kelapa bisa sembuhkan gigi berlubang beredar di media sosial. Dalam narasi yang beredar, tempurung kelapa terlebih dahulu dibakar, kemudian tutup segera dengan wadah tahan panas untuk mengurung asapnya.

Tunggu beberapa saat lalu buka penutupnya, akan terlihat wood vinegar cuka kayu berupa ter berwarna coklat melengket di penutup wadah. Kemudian oles wood vinegar ke gigi yang berlubang.

Berikut narasinya:

OBAT SAKIT GIGI BERLOBANG ANTI KAMBUH

BAHAN

Tempurung kelapa secukupnya.

Kapas secukupnya.

Tusuk gigi atau lidi yg bersih.

Wadah tahan panas satu pasang.

CARA MEMBUAT DAN APLIKASI

Lilitkan kapas di ujung lidi.

Bakar tempurung kelapa sampai terbakar hampir sempurna.

Ambil tempurung kelapa yg sudah hampir jadi arang dgn benda tahan panas atau penjepit, letakkan dalam wadah tahan panas lalu tutup segera dengan wadah tahan panas lain untuk mengurung asapnya.Tunggu beberapa saat lalu buka penutupnya, akan terlihat WOOD VINEGAR berupa ter berwarna coklat melengket di penutup wadah.

Segera ambil wood vinager dengan kapas yg telah disiapkan sebelum membeku atau mengeras.

Sumbat gigi yg sakit/berlubang dengan kapas yg telah diolesi wood vinager.

Jangan lupa berdoa sesuai keyakinan masing-masing.

SEMOGA BERMANFAAT

tidak benar tempurung kelapa bisa sembuhkan gigi berlubang

©Liputan6.com

Penelusuran

Penelusuran tentang tempurung kelapa bisa menyembuhkan gigi berlubang. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi dokter gigi, Callista Argentina.

Dilansir dari Liputan6.com, Callista mengatakan bahwa klaim tentang tempurung kelapa bisa menyembuhkan gigi berlubang hanya mitos belaka.

"Itu mitos ya," kata Callista kepada Liputan6.com, Rabu (18/11/2020).

Callista menjelaskan, hingga kini tidak ada penelitian yang mendukung klaim wood vinegar atau tempurung kelapa dapat mengobati gigi berlubang.

Justru, wood vinegar atau tempurung kelapa bersifat asam dan dapat membuat struktur gigi menjadi lemah, rapuh, dan mudah patah.

"Wood vinegar atau cuka kayu terdiri atas asam asetat dan metanol. Asam asetat atau asam cuka banyak diproduksi untuk cuka konsumsi rumah tangga, bersifat mudah berkarat dan bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Sedangkan metanol dikenal juga sebagai spiritus, sifatnya beracun dan mudah terbakar sehingga banyak digunakan sebagai tambahan bahan bakar untuk industri," tutur Callista.

"Jadi itu mitos ya," sambung dia.

Kesimpulan

Klaim tempurung kelapa bisa menyembuhkan gigi berlubang adalah tidak benar. Dokter gigi, Callista Argentina mengatakan hingga kini tidak ada penelitian yang mendukung klaim wood vinegar dapat mengobati gigi berlubang. Wood vinegar bersifat asam dan dapat membuat struktur gigi menjadi lemah, rapuh, dan mudah patah.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini