CEK FAKTA: Tidak Benar Kelpin Diundang Mata Najwa Hingga Diculik Oknum Aparat

Rabu, 5 Oktober 2022 17:58 Reporter : Merdeka
CEK FAKTA: Tidak Benar Kelpin Diundang Mata Najwa Hingga Diculik Oknum Aparat Suasana kericuhan di laga Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan. ©2022 REUTERS TV

Merdeka.com - Sebuah klaim beredar di Twitter menyebut salah satu supporter dari Arema FC diculik. Narasi itu diunggah oleh akun @fvckthepolxx pada 4 September 2022 lalu dan telah mendapat 44 ribu likes serta lebih dari 9 ribu retweet.

Narasi yang ditulis seperti ini,

"Tau video yg tak share kemaren kan? Video tiktok kelpinbotem yg nunjukin kalo pintu dikunci dari luar saat gas air mata mengepul di tribun.

Kelpin diundang mata najwa ke Jakarta untuk memberikan kesaksian dan harusnyua berangkat siang ini. Tapi naas waktu di stasiun dia DICULIK intel dari oknum aparat dan akhirnya GAGAL berangkat. Banyak saksi nya orang di stasiun. Mohon doa nya semua agar kelpin selamat

Fyi akun kelpin sudah tidak dapat ditemukan tapi vt nya banyak di repost orang di tiktok !!

Kalo ga salah kok main culik culikan segala si pak?!?!

#Savekelpin
#AparatKeparat"

Akun tiktok kelpinbotem yang disebut mengunggah foto suasana tribun di bagian atas tidak lagi ditemukan. Tetapi, video serupa juga diunggah oleh pengguna Twitter @Iwak07161257 pada 2 Oktober 2022. Dalam video tersebut tampak para supporter berdesakan menghadap pintu seng berwarna biru yang tertutup.

"iki opo o net kok dibtutup pintune. Sumpah gk iso mbayangno nk kunu piye rasane," tulisnya.

Penelusuran

Penelusuran dilakukan dengan mengunjungi akun Instagram Narasi, media yang didirikan oleh Najwa Shihab. Dalam Instagram story pada 4 Oktober 2022 lalu, pihaknya mengunggah pernyataan dari Pemimpin Redaksi Narasinews Room, Zen Rachmat Sugito melalui tangkapan layar cuitan Twitter @zenrs.

Ia menuliskan bahwa pihak internal Narasi tidak ada komunikasi atau undangan kepada Kelpin.

"Setelah cek ke internal, tidak/belum ada komunikasi atau undangan dari tim kami kpd sdr. Kelpin.

Saya udah cek ke berbagai desk (Mata Najwa, tim daily sampai tim investigasi).

Mudah-mudahan sdr. Kelpin tetap dalam keadaan sehat dan baik2 saja. Amin," tulisnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo menyangkal polisi menangkap seorang Aremania yang mengunggah video suporter berdesak-desakan dengan pintu terkunci.

“Tidak ada. Perkembangan penyelidikan nanti disampaikan ya,” ujarnya kepada jurnalis di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang, Selasa 4 Oktober 2022, dikutip dari tempo.co.

Dia mengatakan bahwa Kelpin diamankan untuk menjadi satu dari 29 saksi yang diperiksa penyidik, bukan diculik.

"Yang merekam itu (Kelpin, red) sekarang dijadikan saksi oleh penyidik," kata Dedi di Mapolres Malang, Selasa, dikutip dari suara.com.

Sedangkan, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Nico Afinta sempat membisik kepada Kadiv Humas Polri. “Sudah dipulangkan,” katanya di sela-sela konferensi pers di RSSA Malang.

Kesimpulan

Narasi tentang Kelpin diundang di acara Mata Najwa adalah hoaks. Sedangkan, Kadiv Humas Polri mengatakan bahwa Kelpin diamankan untuk dimintai keterangan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://twitter.com/fvckthepolxxx/status/1577193699976830976?t=Zq0ES7MIul5wtuefs1x43A&s=08
https://twitter.com/Iwak07161257/status/1576540483416834049?t=OLsLWv2qlQR4VhjXyOCGxQ&s=08
https://nasional.tempo.co/read/1641600/polisi-bantah-tangkap-aremania-pengunggah-video-penonton-terkunci-di-kanjuruhan
https://www.suara.com/news/2022/10/05/141849/sempat-disebut-diculik-lpsk-minta-kelpin-perekam-kengerian-di-pintu-13-kanjuruhan-ajukan-perlindungan?page=2

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini