CEK FAKTA: Tidak Benar Jet Tempur Jerman Tembak Jet Indonesia

Jumat, 16 September 2022 17:16 Reporter : Merdeka
CEK FAKTA: Tidak Benar Jet Tempur Jerman Tembak Jet Indonesia Berita hoax. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar sebuah video di Facebook yang menyatakan Jet tempur Jerman menembak kendaraan perang Indonesia. Hal tersebut membuat seluruh NATO ketakutan.

Unggahan berjudul “Seluruh NATO Ketakutan Jet Tempur Jerman Tembak Jatuh Indonesia” pada 7 September 2022 itu ditayangkan lebih dari 120 ribu kali dan mendapat lebih dari 2 ribu likes dari pengguna Facebook.

Penelusuran

Dilansir dari cekfakta.tempo.co, klaim jet tempur Jerman menembak jet Indonesia adalah tidak benar.

Potongan video itu telah ditelusuri menggunakan Google Lens, Yandex Image Search dan mesin pencarian Google didapati hasil berasal dari beberapa sumber lain.

Video pertama pernah diunggah oleh akun Youtube 223 Film pada 5 Februari 2019 dengan judul “DR4 Three Ship Sortie”. Dalam deskripsi video tersebut tertulis bahwa kegiatan itu merupakan serangan mendadak tiga kapal 'Camo Jet' yang terjadi di atas Laut Utara.

Video kedua juga tampak diunggah oleh akun Youtube Aeronautica Militare pada 16 November 2016 dengan judul “Aeronautica Militare – ‘Pantere Nere’ del 155°Gruppo Volo decollano per l'ultima volta dal 50°Stormo.” Menggunakan bahasa Italia, deskripsi dalam video itu menjelaskan tentang penutupan Departemen Angkatan Udara.

Video selanjutnya ini muncul pernah diunggah oleh akun Джонни Кейдж pada 31 Mei 2014 dengan judul “Cy37”. Video ini berisi tentang presentasi pesawat tempur generasi kelima SU - 37.

Video terakhir juga pernah diunggah oleh akun YouTube cribster123 dengan judul “Russian SU-37” pada 5 Februari 2007. Video tersebut menunjukkan aksi pesawat SU-37 saat melakukan manuver yang sangat tinggi.

Kesimpulan

Klaim Jet tempur Jerman menembak jatuh jet Indonesia adalah hoaks. Video tersebut berisi kolase atau gabungan video-video pasukan militer dari peristiwa berbeda.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sumber:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1935/keliru-video-seluruh-nato-ketakutan-jet-tempur-jerman-tembak-jatuh-indonesia

Reporter Magang Aslamatur Rizqiyah

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini