CEK FAKTA: Tidak benar Foto PM Singapura Sedang Mengantri Vaksin

Rabu, 29 September 2021 13:53 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Tidak benar Foto PM Singapura Sedang Mengantri Vaksin PM Singapura, Lee Hsien Loong. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar foto menjepret Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong tampak dalam sebuah antrean. Foto yang tersebar di media sosial itu diklaim saat PM Singapura antre untuk mendapatkan vaksin.

hoaks foto pm singapura sedang antri vaksin
istimewa

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri foto itu. Hasilnya, PM Singapura dalam foto bukan mengantri vaksin.

Dalam artikel AFP Fact Check berjudul "Old photo misused in false posts about Lee Hsien Loong lining up for Covid-19 jab" pada 24 September 2021, dijelaskan bahwa kegiatan PM Singapura saat itu sedang mengantre makanan.

Foto diambil sebelum pandemi Covid-19, tahun 2014. Saat itu, PM Singapura Lee Hsien Loong sedang membeli makanan cepat saji ayam goreng.

Setelah ditelusuri menggunakan Google Reverse Image, ditemukan foto yang serupa, yang pernah diunggah oleh situs berita yang berbasis di Singapura, Asia One, pada 13 Juni 2014.

Artikel berita tersebut berjudul, "PM Lee terlihat mengantre selama 30 menit untuk membeli sayap ayam di Redhill Food Centre".

Kesimpulan

Foto PM Singapura sedang mengantre mendapat vaksin adalah tidak benar. Foto itu diambil saat PM Singapura sedang mengantri membeli makanan cepat saji tahun 2014.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini