CEK FAKTA: Hoaks Video Polisi China di Bangka Belitung

Senin, 24 Januari 2022 14:51 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Video Polisi China di Bangka Belitung Ilustrasi Polisi. ©2015 merdeka.com/imam mubarok

Merdeka.com - Beredar video yang diklaim sebagai polisi asal China yang ada di Bangka Belitung. Dalam video itu memperlihatkan dua anggota polisi sedang membacakan Tribrata dalam bahasa Mandarin.

Video itu tertulis Polres Belitung dan Kepulauan Bangka Belitung. Terdapat juga logo dan teks Sebasa Lemdiklat Polri di bagian kiri atas. Video tersebut memuat teks bertuliskan: Maksudnya? Ada yang pahamkah? Harus Viral!!

Sedangkan narasi memuat klaim: Di Indonesia kah? Polisi Cina di Bangka Belitung?

hoaks video polisi china di bangka belitung
©Facebook

Penelusuran

Hasil penelusuran dilansir dari Tempo.co, video yang sama diunggah akun Instagram Sebasa Lemdiklat Polri pada 5 November 2019 lalu. Dalam unggahan video tersebut, akun Sebasa Lemdiklat Polri memberikan keterangan:

"Eiitttss.. Ini bukan polisi impor lo.. tp polisi asli Indonesia asal Bangka Belitung yg sedang belajar bahasa Mandarin di Sebasa."

Sebasa adalah Sekolah Bahasa Kepolisian Negara Republik Indonesia (Sebasa Polri). Lembaga ini adalah unsur pelaksana utama di bidang pendidikan bahasa asing yang berada di bawah Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Republik Indonesia (Kalemdiklat)

Dikutip dari laman Sebasa Polri mengajarkan bahasa asing kepada seluruh anggota Polri untuk mendukung tugas operasional yang berkaitan dengan penggunaan bahasa asing. Bahasa yang diajarkan meliputi bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Mandarin, bahasa Perancis dan bahasa Arab.

Sebasa Polri juga mengajarkan bahasa Indonesia kepada Polisi dari luar negara Indonesia, atau disebut Perwira Mancanegara, yang akan melaksanakan pembelajaran kepemimpinan kepolisian di Indonesia.

Selain untuk mendukung tugas operasional, pendidikan bahasa asing di Sebasa juga sebagai persiapan untuk calon mahasiswa Polri yang akan kuliah di luar negeri.

Kesimpulan

Klaim video adanya polisi China di Bangka Belitung adalah salah. Faktanya, dalam video itu merupakan polisi asli Indonesia asal Bangka Belitung yang sedang belajar bahasa Mandarin di Sebasa.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.instagram.com/p/B4d8AAfgjxn/
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1625/keliru-video-yang-diklaim-polisi-cina-di-bangka-belitung

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini