CEK FAKTA: Hoaks Tes Scan MRI Berbahaya Bagi Orang yang Sudah Divaksin

Senin, 11 Oktober 2021 15:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Tes Scan MRI Berbahaya Bagi Orang yang Sudah Divaksin hoaks ct scan berbahaya bagi orang yang sudah divaksin. istimewa

Merdeka.com - Sebuah informasi menyebut orang yang sudah divaksin berbahaya jika terkena elektromagnetik dari mesin MRI atau CT scan. Disebut pula, seseorang yang sudah divaksin harus menunggu satu minggu jika ingin melakukan tes CT scan.

hoaks ct scan berbahaya bagi orang yang sudah divaksin
istimewa

"I am warning vaxxed individuals to avoid MRI scans, especially for the 1st few weeks, as some people have been severely affected by the electromagnetism it produces," tulis penyebar informasi tersebut.

Berikut terjemahannya:

"Saya memperingatkan seseorang yang sudah divaksin untuk menghindari tes MRI, terutama untuk minggu pertama, karena beberapa orang telah sangat terpengaruh oleh elektromagnetisme yang dihasilkannya"

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, informasi elektromagnetik berbahaya bagi orang yang sudah divaksin adalah hoaks.

Dalam artikel AFP Fact Check berjudul "Covid-19 vaccination does not make MRI scans dangerous" pada 8 Oktober 2021, dijelaskan bahwa tes scan MRI aman setelah vaksinasi.

"Sama sekali tidak ada data yang menunjukkan bahwa tes scan MRI dilarang setelah melakukan vaksin Covid-19," kata Lara Boyd, seorang ahli saraf dan profesor di University of British Columbia.

Profesor biofisika medis di University of Toronto, Jean Chen menegaskan vaksinasi bukanlah alasan untuk tidak melakukan tes scan MRI.

"MRI menggunakan gelombang radio dalam medan magnet untuk menghasilkan gambar detail bagian dalam tubuh. Vaksin Covid-19 tidak berpengaruh dalam proses ini, karena vaksin tidak mengandung bahan magnetik," katanya.

Kesimpulan

Informasi tesCT scan berbahaya setelah mendapat vaksin adalah hoaks. Alat scan MRI atauCT scan tidak berpengaruh dengan vaksin. Karena vaksin tidak mengandung bahan magnet.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini