CEK FAKTA: Hoaks Surya Paloh Mundur dari NasDem karena Salah Pilih Anies

Selasa, 22 November 2022 18:54 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Surya Paloh Mundur dari NasDem karena Salah Pilih Anies NasDem deklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden. ©2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Video Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh resmi mundur dari partainya beredar di YouTube. Dalam narasi yang beredar, mundurnya Surya Paloh karena salah memilih Anies Baswedan sebagai Capres 2024 dan menyebabkan pencalonan Anies sebagai capres 2024 kandas.

Video tersebut berjudul "GARA-GARA SALAH DEKLARASI CAPRES, SURYA PALOH MUNDUR DARI NASDEM" dengan durasi 10 menit yang menampilkan rekaman Surya Paloh.

Thumbnail dari video terlihat foto Ketum NasDem bersama Anies Baswedan bertuliskan:

"BREAKING NEWS
PALOH MUNDUR DARI NASDEM
MISI ANIES NYAPRES 2024 KANDASSS"

cek fakta hoaks video surya paloh mundur dari nasdem karena salah pilih anies
©YouTube

Penelusuran

Penelusuran dilakukan dengan melihat secara keseluruhan isi video berdurasi 10 menit. Hasilnya, Surya Paloh akan mundur dari NasDem apabila partainya mengalami penurunan suara di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Tidak ditemukan pernyataan Surya Paloh mundur dari NasDem karena deklarasi Anies Baswedan sebagai capres 2024.

Narasi yang dibacakan identik dengan berita yang diunggah situs kompas.com berjudul "Bicara Mundur Jadi Ketum, Surya Paloh: Tak Ada Tambahan Kursi Parlemen, Artinya Nakhodanya "Out"" pada 11 November 2022.

Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem Surya Paloh menyatakan bakal mundur apabila kursi Nasdem di parlemen tidak bertambah.

"Ini tolong dicatat. Jangankan menurun atau tidak lolos parlementary threshold, tidak ada tambahan angka kursi parlemen satu pun itu artinya nahkoda yang berbicara ini sudah tidak layak lagi memimpin Nasdem," ujar Surya Paloh saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/11/2022).

"Saya katakan, tidak ada tambahan kursi, itu artinya nakhodanya out. Sudah tidak waktunya lagi dia menjawab pertanyaan adinda wartawan," katanya lagi.

Surya Paloh mengungkapkan, sebagai nahkoda kapal di Partai Nasdem, ia ingin mengoptimalkan kepemimpinannya dalam membawa partai menuju kemenangan. Apabila Nasdem berhasil mencapai satu lompatan yang jauh dan besar dalam Pemilu 2024, maka itu artinya Nasdem akan naik kelas.

"Kalau sudah tahu elektabilitas kecil, ngapain harus dihitung. Anggap saja ini partai main-main. Enggak akan dapat apa-apa. PT juga enggak dapat," kata Paloh.

Kesimpulan

Video Surya Paloh mundur dari Partai NasDem karena karena salah memilih Anies Baswedan sebagai Capres 2024 adalah salah. Faktanya, Surya Paloh akan mundur apabila partainya mengalami penurunan suara di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Bukan karena Anies Baswedan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=UzKQ-_cxB2k
https://nasional.kompas.com/read/2022/11/11/19463431/bicara-mundur-jadi-ketum-surya-paloh-tak-ada-tambahan-kursi-parlemen-artinya

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini