CEK FAKTA: Hoaks Persidangan Ricuh hingga Ferdy Sambo Mengamuk

Kamis, 29 September 2022 15:18 Reporter : Merdeka
CEK FAKTA: Hoaks Persidangan Ricuh hingga Ferdy Sambo Mengamuk Ferdy Sambo usai jalani sidang kode etik. ©2022 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Sebuah video beredar di media sosial mengatakan sidang Ferdy Sambo diwarnai kericuhan sehingga mengamuk. Video itu berisi potongan berbagai dokumentasi, yakni ketika Ferdy Sambo menjalani sidang etik, Sambo melaksanakan rekonstruksi bersama para tersangka, hingga Seto Mulyadi memberikan tanggapan tentang penahanan Putri Candrawathi,

Klaim yang dibagikan oleh salah satu akun Facebook @Really ialah,
SIDANG R!CUH~Ferdy Sambo Ngamuk
Dirinya Tetap Dipecat Tak H0rmat?

Video tersebut hingga kini telah ditonton 5,6 juta kali, mendapat 66 reaksi, 8 ribu komentar, dan lebih dari seribu kali dibagikan.

cek fakta hoaks persidangan ricuh hingga ferdy sambo mengamuk
©Facebook

Penelusuran

Tim cek fakta mencari sumber artikel terkait menggunakan kata kunci “sidang Ferdy Sambo ngamuk” di laman pencarian Google. Hasilnya tim cek fakta hanya mendapati berita tentang anggota Brimob yang mengamuk karena wartawan terlalu berisik saat sidang Ferdy Sambo tengah digelar.

Tidak ada sumber berita akurat yang menuliskan adanya insiden Ferdy Sambo mengamuk saat menjalani persidangan.

Kemudian, tim cek fakta juga menelusuri potongan-potongan video menggunakan Google Reverse Image dan Yandex Image Search.

Video pertama yang menampilkan sosok pria mengenakan batik yang diblur terlihat membalikkan meja merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maluku Tengah, Sukri Wailissa.

Saat itu ia sedang rapat bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada 4 Mei 2020. Dilansir dari tempo.co, Sukri Wailisa merasa kesal lantaran Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua tidak pernah menghadiri rapat meskipun sudah tiga kali diundang.

Video kedua menampilkan sosok Sambo yang menghadiri sidang kode etik. Pada sidang itu, Sidang Komisi Kode Etik Polisi (KKEP) memutuskan memberhentikan Ferdy Sambo secara tidak terhormat karena terbukti melakukan pelanggaran etik.

Video selanjutnya merupakan dokumentasi ketika para tersangka pembunuhan Brigadir J melakukan rekonstruksi di dua kediaman Ferdy Sambo, di Jalan Saguling III dan Komplek Polri Duren Tiga, 30 Agustus 2022.

Kesimpulan

Narasi persidangan ricuh karena Ferdy Sambo mengamuk adalah hoaks. Sosok yang menggulingkan meja saat persidangan bukanlah Ferdy Sambo.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.facebook.com/104320505590200/posts/810194076680840/
https://www.youtube.com/watch?v=4vQrlss-1hc
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1958/keliru-video-sidang-ricuh-dan-ferdy-sambo-mengamuk

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

[lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Ferdy Sambo
  4. Hoaks
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini