CEK FAKTA: Hoaks, Perahu yang Ditumpangi Anies Baswedan Terguling di Sungai

Senin, 22 November 2021 14:19 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks, Perahu yang Ditumpangi Anies Baswedan Terguling di Sungai Ilustrasi Hoax. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar unggahan tangkapan layar yang menampilkan perahu yang ditumpangi beberapa orang terguling di sungai.

Perahu itu diklaim ditumpangi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan terguling saat sedang membersihkan sampah di sungai.

"Astaga... Kasihan Pak Anis kejebur di sungai," narasi yang diunggah di akun Facebook.

hoaks perahu yang ditumpangi anies baswedan terguling di sungai
Facebook

Penelusuran

Setelah ditelusuri klaim perahu yang ditumpangi Gubernur DKI Anies Baswedan terguling di sungai adalah tidak benar. Dilansir dari Liputan6.com, ditemukan foto identik seperti yang diunggah. Salah satunya dimuat situs buzzfeed.com pada 27 Juni 2016 berjudul "This Goan Politician Fell Into A Sewer While Bragging About The Machine He Was Standing On."

Situs buzzfeed.com menyebutkan, salah satu orang dalam video tersebut adalah Walikota Panjim, Surendra Furtado, yang ingin memberi tahu dunia tentang mesin pemilahan sampah dengan menyusuri sungai St. Inez nullah, ia membawa serta wartawan Anil Laad dan Krantiraj Samrath.

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Mayor of Panaji, Surendra Furtado St. Inez nullah. Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Watch: Panaji mayor Surendra Furtado, officials fall into creek" yang dimuat situs dnaindia.com, pada 27 Juni 2016.

Situs dnaindia.com menyebutkan, Walikota Panaji Surendra Furtado, pejabat jatuh ke sungai, gugatan diajukan terhadap walikota Panaji, Surendra Furtado karena membahayakan nyawa orang lain setelah dia dan beberapa pejabat lainnya jatuh ke sungai St Inez saat demonstrasi.

Kesimpulan

Perahu terguling di sungai bukan ditumpangi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Melainkan, ditumpangi oleh Walikota Panjim, Surendra Furtado yang saat itu jatuh ke sungai dan peristiwa itu terjadi pada 2016 lalu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.dnaindia.com/india/report-panaji-mayor-creek-incident-accident-case-complaint-filed-2228567
https://www.buzzfeed.com/soniathomas/and-we-all-fall-down
https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/4715948/cek-fakta-tidak-benar-anies-baswedan-dalam-video-perahu-terguling-ini [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Anies Baswedan
  4. Hoaks
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini