CEK FAKTA: Hoaks Pendaftaran Prakerja Gelombang 17 Dibuka Pertengahan Tahun

Selasa, 6 April 2021 16:29 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Pendaftaran Prakerja Gelombang 17 Dibuka Pertengahan Tahun ilustrasi kartu prakerja. Liputan6.com

Merdeka.com - Informasi pendaftaran Prakerja gelombang 17 dibuka pertengahan tahun beredar di media sosial. Informasi itu juga mencatumkan tautan bagi yang ingin mendaftar Kartu Prakerja.

hoaks pendaftaran prakerja gelombang 17 dibuka pertengahan tahun
Facebook

"Gelombang 16 merupakan gelombang terakhir untuk penerimaan di semester pertama 2021 dengan kuota terbatas 300rbu orang. Kemungkinan gelombang baru atau 17 akan berlanjut nanti pertengahan tahun. Bagi yg belum sempat/ingin mendaftar, silahkan japri atau klik link dibawah ini https://bit.ly/3tYe8vV. Sebelum terlambat, penutupan pendaftaran besok jam 1 siang."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel kompas.com berjudul "[KLARIFIKASI] Prakerja Gelombang 17 Akan Dibuka Pertengahan Tahun" pada 3 April 2021, dijelaskan bahwa pembukaan Prakerja gelombang 17 belum bisa diputuskan.

"Tidak benar (dibuka pertengahan tahun)," kata Head of Communication Manajemen Pelaksana Prakerja Louisa Tuhatu saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (3/4).

Target serapan semester 1 Prakerja 2021, sebesar 2,7 juta penerima. Target ini merupakan total kuota gelombang 12 hingga 16.

Jika dari gelombang 12 dan 16 ada kepesertaan yang dicabut, maka jumlah kepesertaan yang dicabut ini akan diakumulasikan untuk memenuhi target 2,7 penerima.

Untuk pembukaan gelombang 17 belum dapat dipastikan waktunya karena penyelenggara Prakerja masih memantau peserta.

"Kami terus memantau orang-orang yang dicabut kepesertaannya karena tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah lolos seleksi," jelas Louisa.

Kepesertaan Prakerja dapat dicabut jika dalam waktu 30 hari penerima tidak membeli pelatihan.

Penyelenggara Prakerja memberikan batas waktu pemantauan kepesertaan sampai pada 29 April 2021.

"Kami mungkin akan membuka gelombang untuk memulihkan kuota yang tercabut. Jadi semunya bergantung pada hasil pemantauan," terang Louisa.

Adapun untuk tautan pendaftaran, masyarakat perlu mewaspadai tawaran pendaftaran dari tautan selain dari www.prakerja.go.id.

Informasi resmi mengenai Prakerja dapat dipantau melalui www.prakerja.go.id. Bisa juga melalui Facebook Kartu Prakerja dan Instagram @prakerja.go.id.

Kesimpulan

Informasi pendaftaran Prakerja gelombang 17 dibuka pertengahan tahun adalah tidak benar. Pembukaan pendaftaran gelombang 17 belum dipastikan waktunya, karena penyelenggara Prakerja masih memantau peserta.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini