CEK FAKTA: Hoaks Pendaftaran CPNS 2022 Berbayar dan Kuota Terbatas

Selasa, 1 Februari 2022 12:16 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Pendaftaran CPNS 2022 Berbayar dan Kuota Terbatas Peserta Tes CPNS. ©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Beredar informasi terkait pendaftaran CPNS tahun 2022 berbayar dengan kuota terbatas di grup Telegram. Bagi yang tertarik dapat menghubungi admin grup Telegram tersebut secara pribadi.

"Bagi yang mau ikut Pendaftaan CPNS Tahun 2022 lewat berbayar silahkan PM saya. KUOTA TERBATAS," bunyi pesan di Telegram tersebut.

Penelusuran

BKN menegaskan informasi tentang penawaran pendaftaran CPNS 2022 berbayar adalah modus penipuan. Masyarakat diimbau berhati-hati agar tidak menjadi korban penipuan. BKN juga membagikan tangkapan layar berstempel hoaks pada pesan tersebut di akun media sosial resminya.

hoaks pendaftaran cpns 2022 berbayar dan kuota terbatas
Twitter @BKNgoid

"'Bagi yg mau ikut Pendaftaan CPNS Tahun 2022 lewat berbayar silahkan PM saya. KUOTA TERBATAS' Begitu bunyi pesan grup telegram PENIPUAN pendaftaran CPNS yg mencatut foto Deputi PMK BKN sbg profil adminnya https://t.me/birojasanusantara

Sebarkan ke circle #SobatBKN agar tidak tertipu," tulis akun Twitter @BKNgoid, Senin, 24 Januari 2022.

Sementara itu dilansir dari kompas.com, Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN Satya Pratama mengatakan, penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilaksanakan tanpa dipungut biaya serta akan diumumkan secara luas. Untuk itu, BKN mengimbau agar masyarakat waspada dan berhati-hati atas modus penipuan penerimaan CASN dengan meminta imbalan uang.

Kesimpulan

Penawaran pendaftaran CPNS tahun 2022 berbayar dengan kuota terbatas di grup Telegram merupakan modus penipuan. Penerimaan PNS dilaksanakan tanpa dipungut biaya alias gratis dan diumumkan secara luas.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://twitter.com/BKNgoid/status/1485614670287638533
https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/26/103000165/ramai-soal-pendaftaran-cpns-2022-berbayar-kuota-terbatas-ini-kata-bkn?page=all#page2

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini