CEK FAKTA: Hoaks Memakai Masker Sebabkan Kekurangan Oksigen

Sabtu, 23 Mei 2020 17:26 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Memakai Masker Sebabkan Kekurangan Oksigen Ilustrasi masker. ©Pixabay

Merdeka.com - Beredar informasi bahwa masker dapat menyebabkan hipoksia di media sosial Facebook. Hipoksia yaitu keadaan dimana seseorang kekurangan pasokan oksigen di dalam sel dan jaringan tubuh. Tak hanya itu saja, informasi yang beredar juga menyebutkan bahwa menggunakan masker bisa mengurangi sistem imun tubuh.

"Wearing a mask can cause hypoxia (lack of oxygen flow to our body tissues). Because masks prohibit fresh air, wearing one means we are breathing in carbon dioxide. Wearing a mask also weakens our immune system."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah tidak benar. Dalam artikel poyntes.org berjudul "It is not true that masks cause hypoxia. This hoax is now viral and dangerous", dijelaskan bahwa informasi tersebut hoaks dan sempat beredar di sejumlah wilayah.

Hoaks tentang masker dapat menyebabkan hipoksia itu telah menyebar di 10 negara yaitu meksiko, Venezuela, Kolombia, Chili, Argentina, Ekuador, Guatemala, Spanyol, Brazil dan Perancis.

Menurut data CoronaVirusFacts, ditemukan setidaknya lima artikel terkait pemakaian masker sebabkan hipoksia antara 30 April dan 13 Mei 2020. Padahal menggunakan masker selama pandemi Covid-19 sangat penting.

Tim pemeriksa fakta pertama, Animal Político dari Meksiko pada 30 April menekankan bahwa "TIDAK ADA MASKER YANG MENYEBABKAN HYPOXIA."

"Meskipun masker dapat menghasilkan sensasi yang tidak menyenangkan, jangan khawatir, itu normal. Menggunakan masker tidak akan menyebabkan kekurangan oksigen. Pada kenyataannya, hipoksia disebabkan jika merokok, menghirup gas, atau mengekspos diri ke tempat yang tinggi, bukan dengan menggunakan pelindung mulut, masker, atau filter."

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan Anda menggunakan masker untuk melindungi diri dan orang lain di tengah pandemi. Menggunakan masker tidak ada efek samping bagi kesehatan Anda.

Kesimpulan

Informasi penggunaan masker menyebabkan hipoksia atau kekurangan oksigen adalah hoaks. Hipoksia diakibatkan jika merokok atau menghirup gas.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini