CEK FAKTA: Hoaks Indomaret Beri Kode Voucher Game Lewat SMS

Senin, 1 Juni 2020 11:01 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Indomaret Beri Kode Voucher Game Lewat SMS Indomaret. ©2015 merdeka.com/darmadi sasongko

Merdeka.com - Beredar pesan berantai mengatasnamakan toko retail Indomaret. Pesan tersebut berisi kode voucher game. Pesan ini juga menyebutkan harus mengaktifkan kode voucher WhatsApp.

hoaks sms dari indomaret

Kominfo

"INDOMARET,
Terima kasih sudah berbelanja di Indomaret! Berikut adalah kode voucher yang Anda pesan:
[game 1088 coin]
[1] => ZP3MRXO81BHKV9QL
Aktifkan kode Voucher Whatsapp anda...
---
Balas pesan ini untuk menyapa INDOMARET. TANPA BIAYA!"

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, pesan berantai berisi kode voucher game dari INDOMARET adalah hoaks. Pihak Indomaret menjelaskan dalam akun Instagram resmi @indomaret.

"Waspada Penipuan!
Indomaret tidak meminta aktivasi kode voucher game online via WhatsApp & SMS

Transaksi resmi hanya dilakukan melalui toko Indomaret dan KlikIndomaret.com

Info resmi Indomaret hanya ada di www.indomaret.co.id dan social media official"

Kemudian dalam artikel detik.com berjudul "Ada SMS Voucher Game Palsu, Indomaret Minta Konsumen Hati-hati" pada 28 Mei 2020, pihak Indomaret membantah pesan berantai tersebut.

Direktur Pemasaran Indomaret, Wiwiek Yusuf kepada detikINET mengatakan broadcast SMS ini tentu saja merugikan Indomaret karena mencatut nama mereka. Indomaret pun menjadi korban dari oknum pelaku kejahatan.

"Pada kenyataannya kami menjual voucher game melalui mekanisme off line di toko dengan memberikan code unik di struk pembelian pada saat transaksi di toko," kata Wiwiek, Kamis (28/5/2020).

Dengan penjelasan ini, Wiwiek berharap konsumen hati-hati jika menerima SMS dengan iming-iming voucher game yang mencatut nama Indomaret. Karena, voucher game cuma dijual di gerai Indomaret.

"Tidak melalui konfirmasi SMS," tegasnya.

Kesimpulan

Pesan berantai mengatasnamakan Indomaret dan mengirim kode voucher game adalah hoaks. Pihak Indomaret menegaskan hanya menjual voucher game melalui mekanisme off line di toko dan memberikan kode unik di struk pembelian pada saat transaksi di toko.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini