CEK FAKTA: Hoaks Imbauan Camat di DKI Agar Tak Beraktivitas dengan Banyak Massa

Jumat, 21 Agustus 2020 18:11 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Imbauan Camat di DKI Agar Tak Beraktivitas dengan Banyak Massa Aksi Barongsai dan Naga di Car Free Day. ©2020 Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Beredar informasi imbauan dari camat di DKI Jakarta. Imbauan itu menyebutkan sejumlah larangan yang melibatkan banyak massa, seperti arisan hingga perayaan keagamaan.

hoaks imbauan camat di jakarta
Kominfo

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel data.jakarta.go.id berjudul "[HOAKS] - IMBAUAN CAMAT KEPADA SELURUH MASYARAKAT MELALUI PARA LURAH SEHUBUNGAN PERPANJANGAN PSBB SAMPAI 30 JULI" 11 Agustus 2020, dijelaskan bahwa tidak ada camat yang memberi imbauan tersebut.

Berdasarkan hasil koordinasi Tim Jalahoaks dengan Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta dan seluruh Suku Dinas Tata Pemerintahan Wilayah Kota Administrasi Provinsi DKI Jakarta (27/07/2020), dijelaskan bahwa tidak ada Camat di Wilayah Kota Administrasi Provinsi DKI Jakarta yang menyebarluaskan imbauan tersebut.

Kesimpulan

Informasi tentang imbauan camat yang mengimbau agar tidak melakukan kegiatan dengan banyak massa adalah hoaks. Setelah ditelusuri, tidak ada camat di DKI Jakarta yang membagikan imbauan tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini