CEK FAKTA: Hoaks Foto-Foto Setelah Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ182

Senin, 11 Januari 2021 16:26 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Foto-Foto Setelah Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Basarnas periksa bagian pesawat Sriwijaya Air SJ182. ©2021 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Beredar foto-foto pasca kejadian pesawat jatuh di media sosial. Salah satu akun Facebook mengunggah enam foto berbeda. Foto-foto itu diklaim setelah kejadian jatuhnya Sriwijaya Air SJ182 di Kepulauan Seribu.

hoaks foto foto setelah kecelakaan sriwijaya air sj182
istimewa

"Al-Fatihah buat mangsa nahas pesawat Sriwijaya Air yang beragama Islam dan Salam Takziah buat mereka yang bukan beragama Islam.
Allahu buka fb saja pagi pagi ni nampak semua gambar"
Assalamualaikum selamat pagi mari lah kita sedekahkan alfatiha sahabat semua".

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, tidak semua foto yang diunggah adalah kejadian setelah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182. Dari hasil penelusuran, empat foto yang diunggah adalah setelah terjadinya kecelakaan Lion Air JT610 pada 2018 yang lalu.

1. Foto pertama sempat diunggah oleh arafandi.wordpress.com. Dalam lamannya diceritakan pengalaman penulis saat menggunakan maskapai Lion Air.

hoaks foto foto setelah kecelakaan sriwijaya air sj182
istimewa

2. Foto kedua saat sejumlah petugas memeriksa puing-puing maskapai Lion Air JT610. Foto tersebut diunggah oleh Getty Images

hoaks foto foto setelah kecelakaan sriwijaya air sj182
istimewa

3. Foto ketiga juga sudah diunggah oleh sejumlah media terkait kecelakaan pesawat Lion Air JT610

4. Foto keempat saat keluarga korban kecelakaan pesawat Lion Air JT610 yang datang ke tempat evakuasi puing-puing pesawat dan sejumlah barang milik korban. Foto itu diambil dan diunggah oleh Getty Images.

hoaks foto foto setelah kecelakaan sriwijaya air sj182
istimewa

5. Foto kelima dan keenam adalah foto seorang anak yang disebut-sebut menjadi korban dalam kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182. Namun informasi tersebut belum ada informasi terkait hal tersebut.

Kesimpulan

Sejumlah foto-foto yang diunggah, dan diklaim setelah kejadian kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182 adalah hoaks. Tidak semua foto diambil saat kejadian pesawat tersebut. Sebagian gambar merupakan kejadian setelah jatuhnya pesawat Lion Air JT610 pada 2018 lalu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini