5 Tanda kehamilan yang sehat

Reporter : Vizcardine Audinovic | Jumat, 8 Maret 2013 10:02

5 Tanda kehamilan yang sehat
Ibu hamil. &©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Seorang wanita hamil tentu berharap agar kehamilannya senantiasa aman dan sehat. Namun, banyak ibu hamil yang terlalu panik apakah janin yang dikandungnya sehat atau mengalami gangguan. Terlalu panik bisa menyebabkan stres yang mengganggu kandungan. So, jangan khawatir, ada beberapa cara mudah untuk mendeteksi kandungan yang sehat. Berikut lima tanda kehamilan yang sehat yang dilansir magforwoman.

1. Berat badan naik secara bertahap
Jumlah berat badan yang naik secara bertahap adalah tanda pertama dan terpenting bahwa kehamilan Anda berjalan lancar. Ketika hamil, perhatikan berat badan Anda dengan rutin. Secara keseluruhan, wanita hamil akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 12 sampai 15 kg selama masa kehamilan.

2. Tekanan darah normal
Tekanan darah merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam kehamilan. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan banyak komplikasi pada kehamilan dan persalinan. Jika tekanan darah Anda dalam batas normal, maka itu adalah tanda yang sangat baik untuk menunjukkan bahwa kehamilan Anda baik-baik saja.

3. Nyeri tubuh saat hamil
Ketika Anda merasa berat untuk bergerak ketika hamil, itu adalah hal umum. Rasa nyeri atau sakit pada tubuh disebabkan tekanan tambahan dan beban kehamilan pada tubuh Anda. Sakit ringan seperti sakit punggung sangatlah umum. Ini merupakan tanda kehamilan normal. Namun, jika Anda merasa sakit luar biasa, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

4. Kadar gula darah normal
Selama kehamilan, produksi insulin harus ditingkatkan. Pada beberapa wanita peningkatan ini tidak cukup sehingga menyebabkan pengaturan gula darahnya memburuk. Gula darahnya menjadi terlalu tinggi, terutama setelah makan. Peningkatan gula darah yang tinggi ini menggambarkan kondisi yang disebut diabetes kehamilan (gestational diabetes).

Akibat dari kadar gula yang tinggi dapat membuat proses kelahiran sulit. Maka lakukan pemeriksaan gula darah untuk memastikan kadarnya tidak melonjak terlalu tinggi, terutama setelah makan.

5. Janin yang bergerak
Memasuki antara bulan keempat dan kelima, Anda akan mengalami hal yang paling indah karena Anda akan merasakan gerakan bayi. Jika Anda merasa bayi Anda bergerak secara berkala, itu adalah tanda bahwa semuanya baik-baik saja. Maka nikmatilah setiap gerakannya. Jika Anda merasa bayi Anda belum bergerak dalam waktu yang sangat lama dan tidak aktif seperti biasanya, maka Anda harus berbicara dengan dokter Anda.

Tanda-tanda ini membantu Anda untuk mengetahui apakah kehamilan Anda berjalan dengan baik atau tidak. Namun, jika Anda merasa tidak nyaman dan memiliki firasat buruk bahwa ada sesuatu yang salah, maka Anda harus sesegera mungkin untuk berkonsultasi dengan dokter.

Berita terkait :

Bahu terasa sakit saat hamil, apa sebabnya?
Ibu obesitas rentan lahirkan bayi berpenyakit jantung
7 Makanan yang baik dikonsumsi setelah melahirkan
Tips menghindari diabetes melitus untuk ibu hamil

[vic]

Komentar Anda


Suka artikel ini ?
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya





Be Smart, Read More
Back to the top
Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • 3 Kali KPK kalah, fakta barang bukti KPK selalu lemah
  • Reaksi pemerintah ditantang perang OPM
  • Banyak dukungan, Demian akan buat aksi lebih gila lagi!
  • Syarat diperberat, calon independen semakin sulit ikut pilkada
  • Sony rilis Xperia Z3+, smartphone Octa-core yang bisa 'menyelam'
  • Agenda tersembunyi Amerika di Laut China Selatan
  • Kisah Nana, guru jalan kaki 20 Km & seberangi waduk demi mengajar
  • Kesal sampah berserakan, wanita ini bikin bisnis beromzet Rp 132 M
  • Pertempuran Tsushima, kekalahan telak AL Rusia di tangan Jepang
  • Daftar Pemenang Baeksang Awards 2015, Penuh Bintang dan Kejutan!
  • SHOW MORE