Bermodal 1,2 juta KTP, Eggi Sudjana daftar cagub ke KPU Jatim

Reporter : Moch. Andriansyah | Kamis, 11 April 2013 16:59




Bermodal 1,2 juta KTP, Eggi Sudjana daftar cagub ke KPU Jatim
Eggi Sudjana daftar cagub Jatim. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Pasangan Eggi Sudjana dan Mohammad Sihat menjadi pasangan pertama yang mendaftar ke KPU Jawa Timur sebagai cagub dan cawagub independen. Mereka membawa bekal 1, 2 juta foto copi kartu tanda penduduk (KTP) sebagai syarat pendaftaran.

Sebelumnya, dalam beberapa kali kesempatan, Eggi Sudjana kerap mengkampanyekan diri maju mencalonkan diri sebagai calon gubernur pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur yang akan digelar pada 29 Agustus mendatang. Dan hari ini Kamis (11/4), bekas pengacara mantan Bupati Garut Aceng Fikri itu membuktikan ucapannya untuk menjadi orang nomor satu di Jawa Timur dengan mendaftarkan diri ke KPU Jawa Timur di Jalan Raya Tenggilis No 1, Surabaya.

Eggi datang ke KPU Jawa Timur ditemani calon wakilnya, Mohammad Sihat. Penyerahan berkas pendaftaran diiringi sekitar ribuan pendukungnya. Mereka datang dengan 70 bus, 100 angkot dan 10 kendaraan pribadi.

"Ini sebagai bentuk keseriusan saya untuk membenahi Jawa Timur. Saya yang pertama di Jawa Timur untuk mendaftarkan diri ke KPU. Revitalisasi birokrasi juga akan kami kedepankan demi pelayanan yang baik bagi masyarakat di Jawa Timur. Dan saya datang ke Kantor KPU ini, membawa 1,2 juta dukungan dari 33 kabupaten/kota se-Jawa Timur untuk mendaftar sebagai calon independen," kata Eggi berapi-api di sela pendaftaran.

Eggi mengklaim persyaratan tersebut telah terpenuhi dan meminta KPU tidak berbuat curang dengan mengurangi bukti dukungan. "Pengalaman pilkada-pilkada sebelumnya, KPU dianggap menjadi sumber kecurangan. Kami harap di Jawa Timur tidak terjadi, karena bukti KTP sudah sah dan tidak perlu diragukan. Untuk itu, saya nitip untuk tidak dicurangi," pinta Presiden Ormas Suara Independen Rakyat Indonesia (SIRI) tersebut.

Eggi juga mengatakan, kalau dia memang sengaja mengajak dan memilih Muhammad Sihat sebagai pasangannya maju di Pilgub Jawa Timur, karena melihat background calon wakilnya itu sebagai mantan pegawai negeri sipil (PNS) di Pemkot Surabaya dan pernah menjabat Camat Sukomanunggal dan Benowo.

"Kecamatan itu birokrasi yang paling menyentuh ke rakyat, sehingga sangat dekat dengan masyarakatnya. Kami yakin pengalamannya sebagai camat sudah mengerti bagaimana menjalankan sistem birokrasi pro rakyat," katanya.

Pendaftaran pasangan calon yang diterima langsung oleh Ketua KPU Jawa Timur, Andre Dewanto Ahmad bersama sejumlah komisioner lainnya itu, menggunakan jargon politik: Beres (Bersama Eggi-Sihat).

Sementara usai menerima pendaftaran, KPU Jawa Timur melakukan verifikasi dan menghitung jumlah KTP yang didaftarkan pasangan. "Kami langsung menghitungnya dan akan memberikan tanda terima jika memenuhi syarat pendaftaran. Prosesnya memakan waktu beberapa jam dan kami mengerahkan 50 petugas untuk menghitungnya," terang Andre.

Setelah ini, KPU Jatim akan memberikan dan menyebarkan KTP-KTP tersebut ke semua Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Jawa Timur untuk diverifikasi dan dicek kebenarannya pada 14 April 2013. "Nanti PPS diberi kesempatan selama 14 hari untuk mengeceknya. Kemudian, akan ditetapkan hasilnya apakah Eggi Sudjana-M. Sihat layak menjadi calon gubernur atau tidak," tandas Andre.

Untuk diketahui, syarat maju sebagai pasangan cagub-cawagub independen di Jawa Timur wajib memenuhi 1.118.000 KTP yang sumbernya tersebar di minimal 20 kabupaten/kota. Pendaftaran untuk calon independen, dibuka mulai tanggal 7 April hingga 11 April hari ini. Pasangan Eggi-Sihat, merupakan satu-satunya calon via jalur perseorangan yang mendaftar.

[bal]

KUMPULAN BERITA
# Pilgub Jatim

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Drama Joo Won dikritik pengarang Manga Nodame Cantabile
  • Agung Laksono bantah jadi menteri Jokowi, ingin fokus ke Golkar
  • Biro Pers Istana: Hari ini belum ada rencana pengumuman kabinet
  • Viagra ternyata ampuh cegah serangan jantung!
  • Lucunya putri mungil Alyson Hannigan saat tersenyum seperti ini
  • Renovasi toilet & dinding DPRD DKI habiskan anggaran Rp 28 M
  • MMA Forum Indonesia 2014, jembatan pemasaran mobile di Indonesia
  • Banding Wawan ditolak, KPK susun strategi ajukan kasasi
  • Wanita pakai rok mini ngamuk maki-maki sopir taksi di jalan raya
  • Andhi Nirwanto jadi pelaksana harian Jaksa Agung
  • SHOW MORE