Gunung di Jawa Tengah menyimpan harta karun

Reporter : Parwito | Rabu, 4 April 2012 13:27

Gunung di Jawa Tengah menyimpan harta karun
Arca yang ditemukan di salah satu gunung di Jawa Tengah. merdeka.com/parwito

Merdeka.com - Tanda-tanda ada benda purbakala dan harta karun di sekitar kawasan Rawa Pening, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Magelang sangat kuat. Sayangnya, pemerintah tidak ada itikad untuk mencari tahu.

Sebab, sekitar tahun 2004-2005 pejabat Museum Ronggowarsito yang berada di Jalan Abdurrahman Saleh Semarang pernah menyita salah satu pepunden atau prasasti dari salah seorang warga yang pertama menemukan arca. Benda itu pertama ditemukan di Kawasan sekitar Rowo Pening tepatnya di Dusun Ngreco, Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

Penemu itu adalah Siswanto(40) seorang seniman pelukis. Siswanto menemukan prasasti bentuknya mirip pepunden Cianten. Bahkan penyitaan benda cagar budaya itu dilakukan pegawai dari Siswanto disertai dengan ancaman.

"Saat itu saya didatangi oleh salah seorang mengaku dari Museum Ronggowarsito Semarang. Katanya dia mau mengambil prasasti temuan

saya. Bahkan dia mengancam kalau tidak mau memberikan temuan saya itu, saya akan dikasuskan," kata Siswanto Rabu (4/4).

Akhirnya, dengan terpaksa Siswanto memberikan prasasti itu ke petugas museum. Namun, petugas museum itu memberi uang kepada Siswanto hanya sebesar Rp 400 ribu.

"Waktu itu saya masih ingat, saya ngomong ke orangnya. Wah kalau cuma segini tidak cukup to pak, saya capek mencari dan menggali patung itu berbulan bulan," tukas Siswanto.

Menurut keterangan dari petugas Museum Ronggowarsito, di Indonesia hanya ada dua prasasti yang berbentuk sejenis yang ditemukan siswanto. Prasasti itu bertuliskan tahun 612 M yang menunjukkan tahun atau usia pembuatan prasasti itu.

"Cuman ada dua katanya di Indonesia batu berbentuk prasasti itu. Satu di sini (tempat penemuan) di Dusun Ngreco, Desa Kesongo, Tuntang, Kabupaten Semarang. Kemudian satu di lereng Gunung Merapi yang disebut Watu Telu," ucap Siswanto.

Bahkan, Siswanto pernah dijanjikan jika di daerahnya ada situs cagar budaya dan harta karun maka pemerintah akan membangun museum. "Saya pun juga sanksi dan ragu apakah prasasti itu masih ada di museum Ronggowarsito apa tidak," pungkas Siswanto.

Sampai saat ini, Siswanto masih menemukan beberapa harta karun di salah satu gunung dari tiga gunung yang ada di sekitar penemuan prasasti. Gunung itu adalah Gunung Payung dan dua gunung lainya adalah Gunung Rong dan Gunung Merbabu.

Sampai sekarang dia masih menyimpan dua arca yang baru ditemukan. Arca ini berbentuk gajah. Kedua arca itu dipercaya Siswanto sebagai arca pasangan yang merupakan arca induk (ibu) dan anak gajah.

[has]

Komentar Anda


Suka artikel ini ?
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya





Be Smart, Read More
Back to the top
Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Mensos sebut 12 WNI terduga anggota ISIS direhab di rumah sosial
  • Barak Brimob Merauke kebakaran, pasukan terpaksa tidur di tenda
  • Panglima Kostrad dan pasukan ziarah ke makam Soeharto
  • Ini kata Arzetti ditanya kesiapan kalahkan Risma di Pilwali Surabaya
  • Anak usaha Bank Muamalat ini incar pembiayaan Rp 1,2 triliun
  • Parah! Makam Olga Syahputra Dijadikan Tempat Foto Selfie
  • Wali Kota Solo: BBM naik lagi, mana kinerja Satgas Mafia Migas?
  • Ini pertimbangan pemerintah Jokowi kembali naikkan harga BBM
  • Satu hari setelah pemakaman, ini keadaan rumah Olga Syahputra
  • Halmahera Barat digoyang gempa 5,6 SR
  • SHOW MORE