Doa Nabi Yusuf Saat Bercermin, Lengkap Latin dan Artinya

Rabu, 10 Agustus 2022 10:15 Reporter : Ani Mardatila
Doa Nabi Yusuf Saat Bercermin, Lengkap Latin dan Artinya Ilustrasi bercermin. Shutterstock/IVY PHOTOS

Merdeka.com - Setiap kali kita bercermin dan mengagumi diri sendiri, baik itu pakaian baru yang kita kenakan atau hanya mensyukuri bahwa Allah telah membuat kita cantik. Untuk itu ada doa yang bisa dilantunkan.

Doa tersebut yaitu adalah doa Nabi Yusuf saat bercermin. Nabi Yusuf dikenal sebagai Nabi yang tampan nan rupawan. Dengan ketampanannya tersebut, setiap kali bercermin beliau berdoa supaya semua tindakan yang ia lakukan, sesederhana bercermin tetap membawa kebaikan dan bukannya keburukan.

Allah telah memberikan wujud yang sangat baik dan sempurna kepada manusia, dengan segala nikmatnya manusia dapat merasakan indahnya hidup, indahnya kebersamaan dan indahnya berbagai nikmat Allah.

Oleh karena itu, wajib bagi manusia untuk tidak mengabaikan nikmat ini. Jangan gunakan nikmat Allah yang luar biasa ini pada keburukan-keburukan-Nya tetapi selalu digunakan pada hal-hal yang baik. Inilah fakta mensyukuri nikmat Allah.

Oleh sebab itu, saat bercermin sembari mensyukuri nikmat Allah, ada beberapa doa yang bisa dilafalkan salah satunya doa Nabi Yusuf saat bercermin, berikut selengkapnya:

2 dari 3 halaman

Etika Saat Bercermin

Bercermin merupakan aktivitas normal sehari-hari yang dilakukan wanita maupun pria. Mensyukuri nikmat Allah adalah suatu kewajiban, dengan ini manusia akan semakin ditambah rezekinya dan begitu pula sebaliknya jika seorang kufur nikmat, artinya dia tidak menggunakan nikmat yang dirahmati Allah, maka dia akan diberi nikmat yang pedih yakni hukuman.

Maka, sebagai bentuk rasa syukur, kita selalu meletakkan nikmat Allah pada tempatnya dan jangan lupa melafalkan doa nabi Yusuf saat bercermin di depan cermin, saat berdandan atau berpakaian.

ilustrasi berdoa

© pexels.com/Anastasia Shuraeva

Hukum membaca doa ini adalah sunnah tetapi manfaatnya besar, yaitu menambah rasa syukur kita kepada Tuhan. Berikut adalah beberapa tata krama untuk bercermin.

1. Membaca doa saat bercermin

Selalu ingat Allah SWT atas segala sesuatu yang telah Allah berikan, fisik yang sempurna, kecantikan, ketampanan, kelengkapan tubuh dan kesehatan yang baik.

2. Menanamkan rasa syukur atas semua yang telah Allah berikan, bahwa segala sesuatu yang telah Allah berikan sesuai dengan apa yang kita butuhkan dan tidak kurang dan lebih.

3. Mengharapkan akhlak yang baik seperti yang didoakan

4. Tidak menyombongkan kecantikan dan ketampanan, juga tidak merendahkan diri atas sesuatu yang dianggap kurang.

5. Jangan berbicara atau tertawa ketika melihat cermin.

Doa Nabi Yusuf Saat Bercermin

اَلَّلهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

“Allahumma kamaa hassanta khalqii fa hassin khuliqi.”

Artinya :

“Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.”

Doa Bercermin Nabi Muhammad SAW

Selain doa nabi Yusuf saat bercermin, ada juga tauladan dari Rasulullah. Berikut ini kerap dilantunkan Rasulullah Muhammad SAW. Doa bercermin sudah ditulis pada hadits yang diriwayatkan oleh Anas RA. Berikut lafalnya:

"Alhamdulillahilladzi sawwaa khalqii fa'addalahu wa karrama shurata wajhii fahassanaha waja'alanii minal muslimin"

Artinya:

"Segala puji bagi Allah yang telah menyempurnakan dan memperbaiki penciptaanku, memuliakan bentuk wajahku, maka Dia membaguskan dan menjadikan aku termasuk orang-orang Islam."

Kaca putih itu adalah cerminan dari manusia. Saat bercermin, mintalah agar diberi akhlak yang baik.

3 dari 3 halaman

Hikmah Berdoa saat Bercermin

1. Tanda syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT

Doa nabi Yusuf saat bercermin memang ptut untuk dicontoh karena banyak hikmahnya. Di mata Allah, tingginya derajat diukur dari amal ibadah dan perbuatan. Bukan dari paras cantik maupun tampan. Sebab itu, seperti apapun bentuk wajah yang dimiliki, tetaplah bersyukur sebagaimana mestinya.

Firman Allah SWT dalam Surat At Taghaabun ayat 3 yang artinya: "Dia menciptakan langit dan bumi dengan hak, Dia membentuk rupamu dan dibaguskan-Nya rupamu itu dan hanya kepada Allah SWT. Kembali(mu)." (QS. At-Taghaabun ayat 3).

2. Diingatkan mengenai akhlak yang baik

Bukan rupa, melainkan akhlak yang dinilai Allah SWT. Indah itu tak harus cantik sesuai standar atau mewah, tapi punya kepribadian terpuji. Kecantikan dan ketampanan fisik itu hanya bersifat sementara. Yang nantinya dibawa mati ialah amal perbuatan.

3. Memohon agar dihindarkan dari api neraka

Doa nabi Yusuf saat bercermin adalah wujud permintaan hamba kepada Tuhan untuk dihindarkan dari siksa neraka. Karena sekuat apapun seseorang menjaga paras wajahmu dengan berbagai cara, tetap tidak ada yang tahu kehidupan di akhirat kelak.

4. Meningkatkan ketaqwaan

Semakin kita mensyukuri doa-doa yang dicerminkan, semakin kita meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah yang telah menciptakan kita manusia sebaik-baiknya makhluk-Nya dan juga Allah yang telah menyempurnakan ciptaan manusia dalam bentuk terbaik dan penuh dengan akal yang luar biasa. Salah satu ayat Allah dalam Al Qur'an tentang hal ini adalah Surat At-Tin ayat 4.

Artinya : Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

Dari ayat ini kita dapat memahami bahwa apa yang telah Allah berikan kepada kita manusia adalah sesuatu yang paling baik dibandingkan dengan makhluk lain dan ini adalah sesuatu yang wajib dalam bersyukur.

Salah satu cara bersyukur adalah dengan membaca doa nabi Yusuf saat bercermin dan cara terbaik untuk bersyukur adalah dengan menjalankan semua perintah Allah dan menghindari larangan.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini