Cara Menghilangkan Online Di WA, Ini Langkah Mudahnya

Rabu, 7 April 2021 11:00 Reporter : Ani Mardatila
Cara Menghilangkan Online Di WA, Ini Langkah Mudahnya Fitur mention dari WhatsApp. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk melihat terakhir kali kontak mereka aktif di platform, serta apakah mereka sedang menggunakan aplikasi tersebut.

Meskipun fitur ini membuat komunikasi lebih transparan, privasi tetap penting. Terkadang ada masalah tekanan psikologis untuk segera membalas pesan apa pun saat pengirim melihat Anda online.

Ini terjadi berkali-kali. Ada orang yang mengharapkan Anda selalu online dan langsung membalas pesan mereka. Inilah yang kadang-kadang bisa sedikit menjengkelkan.

Jika Anda tidak ingin kontak WhatsApp Anda mengetahui status online di aplikasi perpesanan, Anda dapat dengan mudah menyembunyikan status online di WhatsApp melalui pengaturan aplikasi. Berikut cara menghilangkan online di WA:

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Online di WA

Untuk saat ini, cara menghilangkan online di WA, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka WhatsApp.
  2. Klik pada tiga titik vertikal di sudut kanan atas.
  3. Ketuk Pengaturan.
  4. Dari menu Pengaturan, pilih Akun.
  5. Selanjutnya, ketuk Privasi.
  6. Pilih Last Seen dari daftar opsi.
  7. Di jendela pop-up, pilih Tidak Ada.

Dengan menonaktifkan status online Anda, itu berarti Anda juga tidak akan dapat melihat status online orang lain. Ini mencegah orang mengintip pengguna lain sekaligus menutupi tindakan mereka sendiri.

Sayangnya, tidak ada cara untuk mengatur visibilitas status online berdasarkan pengguna per pengguna. Misalnya, tidak mungkin membiarkan keluarga dan teman tahu bahwa Anda sedang online sambil menghentikan atasan untuk melihat informasi yang sama.

3 dari 4 halaman

Cara Tak Terlihat Online Saat Membalas Pesan WA

Banyak orang di WhatsApp telah mengubah pengaturan privasi mereka untuk mematikan Last Seen, Read Receipts dll, tetapi aplikasi obrolan tidak dapat menyembunyikan status online. 

Jika sedang online, itu akan menunjukkan pihak lain bahwa Anda sedang online. Pesan online muncul di jendela obrolan tepat di bawah nama. WhatsApp belum memberi pengguna cara untuk mengontrol ini, tidak seperti Obrolan Google lama yang memungkinkan orang menjadi Tak Terlihat.

whatsapp©©2012 Merdeka.com

Namun, Anda dapat mencoba "retas" untuk menyembunyikan ketersediaan online dari orang lain. Itu sederhana. Jangan buka obrolan dan balas dari panel notifikasi. 

Fitur balas cepat di WhatsApp tidak hanya memungkinkan Anda membalas dari panel notifikasi bahkan tanpa membuka aplikasi tetapi juga menyembunyikan status online dari kontak lain. 

Jadi, hanya Anda dan kontak pilihan yang dapat mengobrol sekarang tanpa ada yang tahu bahwa Anda sedang online.

Trik ini sederhana, cerdas dan tidak membutuhkan usaha ekstra. Meski memang memiliki daya tarik yang terbatas. Jika mengobrol dengan banyak orang secara bersamaan, akan sulit untuk menggunakan balasan cepat. 

Sama halnya jika ada banyak foto atau video yang dibagikan melalui obrolan. Tetapi bahkan dengan daya tarik yang terbatas, ada saat-saat ketika itu dapat menyelamatkan Anda dari sakit kepala di malam hari atau hari-hari ketika Anda tidak ingin menyiarkan ke seluruh dunia bahwa Anda sedang online.

4 dari 4 halaman

Opsi Privasi WhatsApp Lain untuk Diubah

Saat berada di menu Privasi, ada baiknya memperhatikan beberapa opsi privasi WhatsApp lain yang tersedia. Anda juga dapat membatasi visibilitas foto profil, tentang halaman, dan status. Pengaturan terakhir adalah menonaktifkan tanda terima telah dibaca. 

Seperti status online Anda, menonaktifkan tanda dibaca bersifat timbal balik. Menonaktifkan milik Anda berarti tidak akan dapat melihat tanda terima dari orang lain.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini