Better experience in portrait mode.
Walau Sama-sama Gula, Ketahui Beda Glukosa Antara dengan Fruktosa

Glukosa vs Fruktosa: Apa Perbedaannya?

Glukosa vs Fruktosa: Apa perbedaan dan dampaknya pada kesehatan?

Glukosa dan fruktosa adalah dua jenis gula yang sering ditemukan dalam makanan. Meskipun memiliki rumus kimia yang sama, keduanya memiliki perbedaan struktur atom yang mempengaruhi metabolisme tubuh.

Fruktosa lebih manis daripada glukosa dan sering digunakan sebagai pemanis dalam makanan olahan. Glukosa dimetabolisme menjadi energi, sementara fruktosa utamanya diubah menjadi lemak di hati.

Konsumsi berlebihan fruktosa dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit hati, sedangkan glukosa berlebih dapat menyebabkan resistensi insulin dan diabetes tipe 2. Penting untuk mengonsumsi dengan seimbang. Klik baca selengkapnya untuk informasi lebih lanjut.

GeserπŸ‘‰
KPK Panggil Sekjen PDIP Hasto Terkait Kasus Korupsi DJKA

Sekjen PDI-P Dipanggil KPK Terkait Kasus Korupsi

Sekjen PDI-P, Hasto Kristiyanto, dipanggil KPK terkait kasus korupsi DJKA Kemenhub Jawa Timur.

Hasto Kristiyanto diperiksa sebagai saksi dalam kasus korupsi tersebut dan menjadi konsultan dalam kasus ini.

KPK telah menetapkan Yofi Oktarisza sebagai tersangka yang menerima suap dari kasus korupsi DJKA.

KPK menemukan bahwa Yofi Oktarisza membantu tiga perusahaan dalam mengikuti lelang proyek perkeretaapian dengan tambahan syarat khusus.

GeserπŸ‘‰
Potret Ratusan Kios dan Rumah Warga Rusak Akibat Diterjang Hujan Badai di Aceh Utara

Badai Melanda Aceh Utara

Hujan disertai badai melanda Kabupaten Aceh Utara pada Kamis (18/7) sore.

Ratusan bangunan yang terdiri kios dan rumah warga rusak akibat peristiwa tersebut.

Evakuasi dan pendataan kerusakan dilakukan oleh tim gabungan dari kepolisian, TNI, pemerintah Aceh Utara, serta relawan setempat.

Belum ada laporan terkait korban jiwa dan luka-luka akibat peristiwa ini. Warga yang terkena dampak bencana mengungsi ke rumah kerabat dekat.

GeserπŸ‘‰
TNI Mutasi 18 Perwira Tinggi

TNI Mutasi 18 Perwira Tinggi

TNI melakukan mutasi, rotasi dan promosi kepada 18 perwira tinggi.

Perombakan komposisi ini dilakukan di internal TNI maupun Badan Intelijen Negara (BIN).

Panglima TNI memberikan promosi kepada Mayjen TNI Djaka Budhi Utama yang semula menjabat sebagai Asisten Intelijen (Asintel) Panglima TNI saat ini menjabat Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertahanan RI.

Dalam SK yang sama, Panglima TNI juga memutasi Letjen TNI Jonni Mahroza yang semula menjabat sebagai Rektor Universitas Pertahanan, saat ini kembali ke Markas Besar TNI AD sebagai perwira tinggi TNI AD dalam rangka pensiun.

GeserπŸ‘‰
Jokowi Panggil Menag Yaqut di Tengah Isu PansusΒ Haji

Presiden Jokowi Memanggil Menteri Agama Terkait Tugas di Kemenag

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ke Istana Kepresidenan, Jakarta.

Menteri Agama Yaqut melaporkan rutin terkait pelaksanaan tugasnya di Kemenag kepada Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa pembentukan pansus haji merupakan kewenangan DPR RI.

DPR RI membentuk pansus angket haji 2024 untuk menyelidiki indikasi pelanggaran undang-undang dan indikasi korupsi dalam pengalihan kuota haji reguler ke haji khusus.

GeserπŸ‘‰
TNI Mutasi Kabinda Jakarta dan Sumut, Apakah Terkait Pilkada? Ini Analisis Pengamat

Mutasi Jabatan Kepala BIN Jakarta dan Sumut

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memutasi dan mempromosikan jabatan kepada 18 perwira tinggi, termasuk Kepala BIN Daerah (Kabinda) Jakarta dan Sumatera Utara (Sumut).

Pengamat militer Beni Sukadis menilai bahwa rotasi dan mutasi Kabinda merupakan kewenangan BIN, namun penugasan perwira TNI di BIN adalah bagian dari tugas yang diatur dalam UU TNI.

Beni juga menyatakan bahwa mutasi Kabinda dapat menjadi persiapan dukungan keamanan dalam Pilkada dan kebutuhan internal TNI. Dia melihat langkah Panglima TNI tersebut sebagai langkah yang wajar dan strategis.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melakukan mutasi dan rotasi jabatan kepada 18 perwira tinggi, termasuk Kepala BIN Daerah (Kabinda) Jakarta dan Sumatera Utara (Sumut). Pengamat militer Beni Sukadis menyatakan bahwa mutasi Kabinda merupakan kewenangan BIN dan merupakan bagian dari tugas yang diatur dalam UU TNI. Beni juga melihat langkah Panglima TNI tersebut sebagai persiapan dukungan keamanan dalam Pilkada dan kebutuhan internal TNI. Mutasi ini dianggap wajar dan strategis.

GeserπŸ‘‰
Viral Video Pedagang ITC Mangga Dua Kocar-Kacir Ada Razia Tas Impor, Begini Kata Bea Cukai

Pedagang Panik, Razia Barang Impor

Sejumlah pedagang di mal ITC Mangga Dua, kocar kacir usai petugas Bea Cukai melakukan razia barang impor.

Pedagang di mall ITC Mangga Dua sibuk menutup barang dagangan mereka karena adanya petugas bea cukai yang melakukan razia barang impor ilegal.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai membantah adanya petugas yang melakukan razia di lokasi tersebut.

Tidak ada petugas Bea Cukai dalam video tersebut, hanya kepanikan para pedagang yang sibuk menutup barang dagangannya.

GeserπŸ‘‰
Membedah 2 NGO di Balik Pertemuan 5 Kader NU dengan Presiden Israel

Pertemuan Kontroversial Kader NU dengan Presiden Israel

Pertemuan lima kader NU dengan Presiden Israel Isaac Herzog menuai kontroversi.

Dua NGO, Itrek dan Rahim, terlibat dalam pertemuan tersebut.

Itrek merupakan organisasi pro-Israel yang mengirimkan mahasiswa dan tokoh muda ke Israel.

Mahasiswa di AS menolak Itrek dan mengkritik tindakan Israel terhadap warga Palestina.

GeserπŸ‘‰
Pembangunan IKN Baru 15 Persen

Pembangunan IKN Baru 15 Persen

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) baru mencapai 15 persen saat upacara HUT RI pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa pembangunan IKN merupakan proyek jangka panjang yang membutuhkan waktu hingga 20 tahun.

Pemerintah membutuhkan dukungan investor untuk pembangunan IKN karena APBN hanya mampu membiayai kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) IKN.

Pembangunan IKN akan difokuskan pada Istana Negara, gedung-gedung kementerian, serta infrastruktur penunjang seperti air dan listrik.

GeserπŸ‘‰
Anggaran Makanan Gratis Rp7.500, Cukup atau Terlalu Kecil?

Anggaran Makanan Gratis Rp7.500, Cukup atau Terlalu Kecil?

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan bahwa anggaran Rp7.500 per porsi untuk makanan bergizi gratis, dinilai cukup.

Muhadjir Effendy menyatakan bahwa kebijakan mengenai anggaran makan bergizi gratis yang turun menjadi Rp7.500 masih dalam proses pematangan.

Menurut Muhadjir, nominal tersebut tidak dapat disebut terlalu kecil untuk semua daerah karena harga jual beli bahan makanan dan tingkat kemahalan di setiap daerah berbeda-beda.

Isu pemangkasan anggaran program makan bergizi gratis muncul setelah tim ekonomi presiden terpilih mempertimbangkan untuk menurunkan biaya makanan per hari menjadi Rp9 ribu atau Rp7.500.

GeserπŸ‘‰
Permasalahan Batas Usia Cakada

Permasalahan Batas Usia Cakada

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengatakan ada permasalahan yang harus diselesaikan sebelum Putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 23 P/HUM/2024 bisa diimplementasikan.

Putusan MA mengubah ketentuan batas usia kepala daerah menjadi minimal 30 tahun terhitung sejak calon gubernur dan wakilnya dilantik, bukan saat pendaftaran calon pada tahapan Pilkada berlangsung.

Pemerintah dan KPU RI bertanggung jawab menyelesaikan persoalan tersebut dalam regulasi dan formula yang jelas agar putusan MA dapat diakomodir.

Pihak Bawaslu telah menyampaikan persoalan ini kepada KPU RI, mengingat tahapan Pilkada 2024 sedang berjalan. Tahapan Pilkada serentak 2024 akan berakhir pada 19 Agustus 2024.

GeserπŸ‘‰
KPK Minta Dua Wakil Menteri Baru Laporkan Kekayaan

KPK Minta Dua Wakil Menteri Baru Laporkan Kekayaan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengirimkan surat kepada dua wakil menteri baru, Thomas Djiwandono dan Sudaryono, untuk melaporkan Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

KPK memberikan tenggat waktu 3 bulan kepada mereka untuk melaporkan kekayaan mereka. Surat ini berdasarkan Peraturan KPK No. 02/2020 yang mewajibkan penyelenggara negara melaporkan LHKPN-nya.

Namun, Wakil Menteri Investasi Yuliot Tanjung tidak diminta melaporkan kekayaannya karena sebelumnya dia sudah menjadi pejabat di Kementerian Investasi/BKPM. Thomas Djiwandono menyatakan siap bekerja sama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Sudaryono tetap melanjutkan program food estate di sektor pertanian.

Kesimpulannya, KPK meminta dua wakil menteri baru untuk melaporkan kekayaan mereka, sementara Wakil Menteri Investasi dibebaskan. Thomas Djiwandono akan bekerja sama dengan Menteri Keuangan dan Sudaryono akan melanjutkan program food estate. Geser ke atas untuk membaca ringkasan menarik lainnya!

GeserπŸ‘‰
Kawasan Alun-alun Suryakancana di Gunung Gede Membeku

Kawasan Alun-alun Suryakancana di Gunung Gede Membeku

Kawasan alun-alun Suryakancana di Gunung Gede, Jawa Barat membeku akibat suhu udara menurun tajam hingga 0 derajat Celsius.

Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menyarankan pendaki harus berhati-hati dan mengenakan perlengkapan sesuai standar agar tidak mengalami hipotermia.

Pihak Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango meminta pendaki untuk patuh pada aturan dan SOP yang berlaku serta mematuhi anjuran petugas di pintu masuk pendakian.

Pendaki juga disarankan menggunakan peralatan, terutama pakaian yang dapat menghangatkan tubuh. Geser ke atas untuk membaca ringkasan menarik lainnya.

GeserπŸ‘‰