8 Perawatan Kebersihan Sehari-Hari yang Ternyata Kamu Lakukan secara Salah

Kamis, 26 Mei 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
8 Perawatan Kebersihan Sehari-Hari yang Ternyata Kamu Lakukan secara Salah Ilustrasi cotton bud. mirror.co.uk

Merdeka.com - Merawat kebersihan tubuh merupakan suatu hal yang kita lakukan sehari-hari. Sejumlah kebiasaan merawat dan membersihkan tubuh ini telah kita lakukan sejak masih kecil.

Sayangnya, sejumlah kebiasaan yang kita lakukan setiap hari ini ternyata salah. Kondisi ini bukannya menyebabkan bagian tubuh kita menjadi bersih, namun menimbulkan dampak buruk yang tidak kita harapkan.

Beberapa kebiasaan kebersihan sehari-hari, tanpa kita sadari dilakukan secara salah. Dilansir dari Brightside, berikut sejumlah perawatan kebersihan sehari-hari yang ternyata selama ini salah kita lakukan.

1. Menggunakan Panty Liner atau Pembalut Sepanjang Hari

Banyak wanita yang tanpa disadari menggunakan panty liner atau pembalut yang sama sepanjang hari. Padahal, disarankan untuk mengganti panty liner setiap 3 hingga 5 jam sekali dan mengganti pembalut antara 2 hingga 4 jam sekali.

2. Membersihkan Telinga Menggunakan Cotton Buds

Membersihkan telinga menggunakan cotton buds merupakan hal yang berbahaya untuk dilakukan. Selain itu, pastikan untuk tidak memasukkan benda apa pun di lubang telinga serta hindari juga penggunaan ear candle.

2 dari 4 halaman

Melakukan Eksfoliasi Kulit Terlalu Sering dan Tidak Mengganti Sol Dalam Sepatu

3. Melakukan Eksfoliasi Kulit Terlalu Sering

Kulit yang kita miliki akan mengalami regenerasi setiap enam minggu sehingga melakukan eksfoliasi kulit yang terlalu sering bisa menyebabkan iritasi kulit. Penggunaan busa mandi juga tergolong eksfoliasi sehingga pastikan untuk membatasi penggunaannya setidaknya dua kali seminggu.

4. Tidak Mengganti Sol Dalam Sepatu

Bagian sol dalam sepatu yang biasa kita gunakan sehari-hari, idealnya diganti setiap 6-12 bulan sekali. Pasalnya sol yang terlalu lama sudah tidak mampu menyangga kaki serta menjadi tempat munculnya bakteri penyebab bau busuk.

3 dari 4 halaman

Tidak Menggosok Ketiak dan Menggunakan Sabun Antibakteri di Wajah

ketiak dan menggunakan sabun antibakteri di wajah

5. Tidak Menggosok Ketiak

Bagian ketiak kita juga butuh eksfoliasi terutama setelah bercukur. Gunakan busa mandi untuk scrub dan kemudian gosok secara perlahan di bagian tersebut setidaknya dua kali seminggu.

6. Menggunakan Sabun Antibakteri di Wajah

Pastikan untuk menghindari penggunaan pembersih yang bisa menyebabkan kulit kering dan mengalami iritasi. Pastikan untuk menghindari penggunaan sabun yang keras termasuk yang memilki kandungan antibakteri. Kandungan antibiotik pada sabun tersebut bisa menyebabkan kulit kehilangan minyak alami yang melembapkan.

4 dari 4 halaman

Menggunakan Sabun Antibakteri di Tangan Setiap Hari dan Menekan Gigi saat Menyikatnya

7. Menggunakan Sabun Antibakteri untuk Tangan Setiap Hari

Hindari menggunakan sabun antibakteri untuk mencuci tanganmu setiap hari. Pastikan untuk menggunakan sabun yang dibuat dan diproduksi khusus untuk telapak tangan.

8. Menekan Gigi saat Menyikatnya

Pada saat menyikat gigi, lakukan secara ringan tanpa menekannya. Berdasar penelitian, menyikat gigi lebih dari dua menit atau menekannya tidak meningkatkan kemungkinan gigi bertambah bersih dan malah menyebabkan munculnya masalah kesehatan gigi dan mulut.

Sejumlah kesalahan tersebut merupakan hal yang rentan dialami sehari-hari. Pastikan untuk tidak melakukannya demi kondisi tubuh yang lebih baik.

Baca juga:
Jangan dianggap Remeh, Mandi Air Dingin Bermanfaat untuk Kesehatan
Kenali Ciri-ciri Purging! Ini Beberapa Perbedaannya dengan Breakout

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini