Gita: Gizi buruk terjadi karena tidak merata layanan kesehatan

Senin, 23 Desember 2013 02:21 Reporter : Saugy Riyandi
Gita: Gizi buruk terjadi karena tidak merata layanan kesehatan Gizi buruk. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum DPP Barindo Gita Wirjawan prihatin dengan meningkatnya kasus kematian ibu dan anak. Kasus kematian ibu dan anak justru mengalami peningkatan di wilayah perkotaan.

"Problem utamanya adalah kemiskinan dan tidak meratanya layanan kesehatan yang berkualitas. Masalah kesehatan yang terjadi pada anak-anak di perkotaan adalah kasus gizi buruk dan kekurangan gizi," kata Gita dalam kegiatan bakti sosial di Kelurahan Tinggar, Kecamatan Curug, Kota Serang, Provinsi Banten, Minggu (22/12).

Kecamatan Curug berada di pinggiran kota memiliki masalah kesehatan dengan kasus gizi buruk pada bayi dan balita per 2013 sebanyak 39 kasus. Lingkungan tidak sehat, sanitasi buruk dan terutama kemiskinan merupakan penyebab rendahnya kualitas kesehatan pada bayi dan balita.

"Saya bisa seperti sekarang berkat ibu saya, jadi saya peduli terhadap kaum perempuan terlepas dari momentum Hari Ibu," ujar Gita.

Sementara Sekretaris Jenderal DPP Barindo Fajar Riza Ul Haq, bakti sosial ini secara spesifik ditujukan kepada balita yang menderita kurang gizi. terlebih di Banten.

"Upaya ini dilakukan sebagai bentuk keberpihakan terhadap masyarakat kurang mampu dalam memenuhi asupan gizi. Kasus gizi buruk dan kekurangan gizi pada bayi dan balita di Banten cukup tinggi di samping persoalan insfrastruktur," ujarnya. [has]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Gita Wirjawan
  3. Gizi Buruk
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini