Manfaat Daun Pecah Beling dan Cara Pengolahannya, Menarik Diketahui

Jumat, 26 November 2021 13:45 Reporter : Edelweis Lararenjana
Manfaat Daun Pecah Beling dan Cara Pengolahannya, Menarik Diketahui Daun keji beling. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Daun pecah beling atau keji beling memiliki nama ilmiah Strobilanthes crispa. Daun ini merupakan tanaman yang biasa dijadikan pagar atau pembatas kebun oleh masyarakat Indonesia. Daun pecah beling tumbuh berumpun, karena memiliki cabang ranting dan daun yang banyak. Daun pecah beling memiliki permukaan halus sedikit berbulu. Daun ini terkenal mampu memelihara kesehatan dan membantu mengobati berbagai penyakit.

Daun pecah beling telah banyak digunakan sebagai obat herbal, meski penggunaannya belum terlalu populer. Melansir dari BMC Complemental Tern Med, daun pecah beling mengandung senyawa kimia aktif yang dapat dijadikan sebagai obat herbal. Daun ini juga mengandung antioksidan alami dengan kadar cukup tinggi.

Daun pecah beling diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh dan mampu mengobati banyak penyakit, seperti diabetes. Tanaman liar ini aslinya berasal dari Madagaskar dan biasa tumbuh di ketinggian 50-1.200 mdpl, dan dapat ditemukan di tepi sungai atau hutan.

Tanaman ini juga mudah ditanam di pekarangan rumah dengan keadaan tanah yang subur. Daun pecah beling memiliki kandungan seperti asam galat, kafein, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, antioksidan dan lainnya. Berikut ulasan mengenai beberapa manfaat daun pecah beling dan cara pengolahannya untuk dikonsumsi yang menarik untuk diketahui, dilansir dari Liputan6.com.

2 dari 3 halaman

Manfaat Daun Pecah Beling dan Cara Pengolahannya

Berikut adalah daftar manfaat yang ditawarkan daun pecah beling bagi kesehatan yang perlu diketahui, beserta cara pengolahannya yang tepat:

1. Turunkan Kadar Gula Darah

Manfaat daun pecah beling yang pertama adalah untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Daun pecah beling yang telah difermentasi dan diolah menjadi teh telah dibuktikan dapat menurunkan kadar gula darah. Penggunaannya juga tidak memiliki efek samping seperti hipoglikemia atau gula darah rendah.

2. Turunkan Kadar Kolesterol

ilustrasi kolesterol baik
thedrswolfson.com


Manfaat daun pecah beling yang kedua adalah untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Antioksidan yang terkandung dalam daun pecah beling diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi.

Selain itu, antioksidan juga melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Daun pecah beling harus melalui proses fermentasi terlebih dahulu sebelum dikonsumsi agar memberikan hasil yang memuaskan.

3. Obati Batu Gijal dan Batu Kandung Kemih

Manfaat daun pecah beling yang ketiga adalah untuk membantu mengobati batu ginjal dan batu kandung kemih dengan cara merontokkannya. Obat herbal ini dapat merontokkan batu ginjal dan batu kandung kemih karena pecah beling mengandung bahan aktif yang bermanfaat terhadap kedua penyakit tersebut.

Cara pengolahannya untuk mengatasi masalah ini adalah, rebus daun pecah beling dicampur dengan daun kumis kucing dan daun tempuyung untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3 dari 3 halaman

4. Tangkal Radikal Bebas

Manfaat daun pecah beling yang ke empat adalah untuk membantu menangkal radikal bebas. Menurut hasil studi dari Universiti Sains Malaysia, daun pecah beling mengandung sejumlah antioksidan penting seperti polifenol, flavonoid, katekin, alkaloid, dan tanin.

Kandungan tersebut sangat penting untuk melawan efek radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas merupakan zat berbahaya yang bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, penurunan penglihatan (degenerasi makula), hingga Alzheimer.

5. Obati Wasir/Ambeien

Manfaat daun pecah beling yang kelima adalah untuk membantu mengobati wasir atau ambeien. Untuk mengobati wasir atau ambeien, cara pengolahannya adalah ambil delapan lembar daun pecah beling yang telah dicuci bersih, Kemudian dipotong-potong.

Rebus potongan daun dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, air rebusan tersebut disaring. Untuk menambah rasa manis alami dan manfaatnya lebih maksimal, Anda bisa mencampurkan air rebusan daun keji beling dengan madu. Minum ramuan ini dua kali sehari.

ilustrasi sakit perut©iStockphoto

6. Bantu Ringankan Depresi

Manfaat daun pecah beling yang ke enam adalah untuk membantu meringankan gejala depresi. Jika Anda sering mengalami depresi, Anda bisa mengatasi gejalanya dengan mengonsumsi air rebusan daun pecah beling.

Senyawa yang terkandung di dalamnya diketahui mampu memberikan efek nyaman dan dingin pada tubuh. Anda bisa merebus daun keji beling menjadi teh untuk memberikan efek tenang dan nyaman, terutama bagi orang tua atau dewasa yang memiliki banyak masalah dan stres hingga depresi.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini