Dibangun 400 Tahun Silam, Begini Keunikan Masjid Serang Berarsitektur Khas Yaman

Jumat, 31 Juli 2020 12:48 Reporter : Rizka Nur Laily M
Dibangun 400 Tahun Silam, Begini Keunikan Masjid Serang Berarsitektur Khas Yaman Masjid Serang Surabaya. ©2020 Merdeka.com/flickr.com/Tri Mulyanto

Merdeka.com - Kota Surabaya memiliki sejumlah bangunan berusia tua yang dilingkupi dengan kisah kesejarahan unik, termasuk masjid. Beberapa masjid berusia ratusan tahun masih berdiri megah di Kota Pahlawan, satu di antaranya adalah Masjid Serang.

Masjid yang beralamatkan di Jalan Panggung nomor 141, Nyamplingan, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur itu dibangun sekitar abad ke-15 dan menjadi salah satu masjid tertua di Surabaya, seperti dilansir Liputan6.com, Jumat (31/7).

1 dari 3 halaman

Saksi Penyebaran Agama Islam

masjid serang surabaya

©2020 Merdeka.com/flickr.com/Tri Mulyanto

Masjid yang berada di kawasan Surabaya bagian utara ini menjadi saksi penyebaran agama Islam di kota setempat. Lantaran menjadi salah satu medium penyebaran agama Islam, sebagaimana yang terjadi dengan Masjid Ampel yang letaknya tak jauh dari ini.

Menurut cerita tutur yang berkembang di masyarakat, Masjid Serang dibangun sekitar abad ke-15 oleh Syekh Ibrahim. Namun, ada juga yang meyakini masjid tersebut didirikan orang India bernama Srangh pada tahun 1600-an. Nama inilah yang kemudian disebut-sebut berkaitan dengan nama Masjid Serang.

Sejarawan Universitas Airlangga, Adrian Perkasa menyampaikan bahwasanya belum ada bukti tertulis mengenai kapan tepatnya Masjid Serang dibangun. Namun, yang pasti masjid tersebut termasuk salah satu masjid tertua di Kota Pahlawan.

"Kalau dilihat secara kawasan, masjid ini mungkin baru berdiri setelah tahun 1.850 an. Menurut cerita tutur masyarakat di sana pendiri masjid tersebut adalah seorang dari India bernama Srangh," jelas Adrian.

2 dari 3 halaman

Berarsitektur Khas Yaman

masjid serang surabaya

©2020 Merdeka.com/Youtube syiartv

Masjid Serang, lanjut Adrian, menjadi bukti eksistensi masyarakat India di Kota Surabaya. Sementara itu, arsitektur Masjid Serang sendiri rupanya khas Yaman. Negara asal para saudagar Arab yang datang berdagang ke Indonesia.

"Iya, karena selain masyarakat India, masyarakat hadramut (Yaman) yang menjadi komunitas besar Muslim di Surabaya bahkan di Indonesia hingga kini," lanjutnya.

Di sisi luar, masjid ini memiliki dua Menara yang menjulang tinggi di tiap sisinya. Sementara langilangitnya berbentuk kubah dan terbuat dari material kayu jati yang kokoh, seperti dilansir Sparkling Surabaya.

3 dari 3 halaman

Masjid Megah Lain

masjid ampel di surabaya

©2020 Merdeka.com/surabayarollcake.com

Jika dibandingkan dengan masjid bersejarah lain di Kota Surabaya, Masjid Serang memang cenderung lebih sederhana. Dikisahkan, sebelum menjadi masjid, dulunya bangunan ini hanyalah musala atau tempat salat yang berukuran kecil.

Sementara itu, tak jauh dari Masjid Serang, bisa dijumpai Masjid Ampel. Situs penting dalam proses penyebaran agama Islam di Kota Surabaya. Masjid bersejarah yang terkenal megah ini hanya berjarak sekitar 800 meter dari lokasi berdirinya Masjid Serang. Yakni sama-sama di Kota Surabaya bagian utara.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini