6 Tips Merawat Rambut Kering dan Mengembang Agar Mudah Diatur

Kamis, 30 April 2020 09:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
6 Tips Merawat Rambut Kering dan Mengembang Agar Mudah Diatur Ilustrasi rambut keriting. ©Pixabay

Merdeka.com - Memiliki rambut keriting bukanlah suatu masalah. Rambut keriting yang kering dan mengembang termasuk cukup susah diatur. Karena, tentu akan menyusahkan jika Anda sedang buru-buru untuk menghadiri suatu acara penting namun rambut mengembang Anda tidak bisa diajak berkompromi.

Untuk mengatasi rambut yang kering dan mengembang, Anda harus pintar memilih produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, dan vitamin rambut. Penggunaan bahan-bahan alami seperti minyak kelapa dan minyak zaitun juga dapat membantu menyehatkan rambut dan membuatnya menjadi lebih mudah diatur.

Kesehatan kulit kepala juga sangat penting. Karena saat kulit kepala kering, kutikula rambut menjadi terangkat dan membuatnya terasa kasar. Kelembapan kulit kepala dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya kebiasaan mencuci rambut, faktor cuaca, dan pola makan Anda.

Sehingga penting bagi Anda untuk memperhatikan hal tersebut guna kulit kepala dan pertumbuhan rambut yang sehat. Di bawah ini adalah 6 tips merawat rambut kering dan mengembang Anda agar lebih mudah diatur dan nampak lebih sehat.

2 dari 7 halaman

1. Pilih Sampo yang Tepat

ilustrasi sampo
©Shutterstock

Tips merawat rambut kering dan mengembang yang pertama adalah memilih sampo yang tepat. Pemilik rambut kering dan mengembang harus pintar-pintar dalam memilih produk sampo yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan rambut.

Untuk pemilik rambut jenis ini, disarankan menggunakan sampo berbahan ringan yang memang dibuat khusus untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Produk sampo untuk rambut kering biasanya diperkaya dengan kandungan moisturizer guna menutrisi rambut dan membuatnya menjadi lembap dan halus.

Salah satu shampo berbahan ringan dan mengandung bahan melembapkan yang bisa kamu coba adalah HEAD & SHOULDERS Supreme Anti-Hair Fall Shampoo.

hnd baru

Presented by HEAD & SHOULDERS

Kandungan Argan Creme, ekstrak madu, minyak argan, ZPT, dan kondisioner di dalamnya mampu membantu mengunci kelembaban dan memperbaiki rambut kusam, sehingga membantu rambutmu tampak berkilau dan terasa lembut. Dapatkan HEAD & SHOULDERS Supreme Anti-Hair Fall Shampoo di sini untuk merasakan manfaat kandungan argan bagi rambut dan kulit kepala. Untuk hasil yang optimal, gunakan secara teratur yah!

Anda juga sebaiknya menghindari penggunaan sampo berbahan sulfat. Pilih sampo yang kaya akan kandungan gliserin dan mengandung sedikit deterjen. Produk sampo yang mengandung alkohol juga sebaiknya dihindari, karena dapat membuat rambut menjadi lebih kering.

3 dari 7 halaman

2. Selalu Gunakan Kondisioner

ilustrasi keramas©Shutterstock

Tips merawat rambut kering dan mengembang yang kedua adalah dengan selalu menggunakan kondisioner sesaat setelah habis keramas. Tahapan ini sangat penting bagi pemilik rambut kering dan mengembang. Bahan-bahan yang terkandung dalam kondisioner dapat membuat kultikula rambut tetap sehat dan terjaga kadar minyak alaminya.

Penggunaan kondisioner dapat menghidrasi kulit kepala dan rambut agar lembap secara lebih mendalam. Disarankan untuk memilih kondisioner berbahan gliserin dan shea butter, aplikasikan secara benar. Caranya, gunakan kondisioner hanya pada batang dan ujung rambut agar kulit kepala nantinya tidak menjadi terlalu berminyak.

4 dari 7 halaman

3. Rajin Lakukan Perawatan Rambut Tambahan

ilustrasi minyak kelapa©Shutterstock

Tips merawat rambut kering dan mengembang yang ketiga adalah dengan sering-sering melakukan perawatan ekstra untuk rambut kering dan mengembang Anda. Seperti melakukan creambath, masker rambut, atau mengoleskan vitamin dan minyak rambut secara rutin.

Rambut yang memiliki kecenderungan mudah mengembang memang membutuhkan perawatan sedikit istimewa. Selain kondisioner, Anda dapat menggunakan masker rambut setelah keramas saat kondisi rambut masih basah. Penggunaan masker rambut adalah cara lain untuk mengatasi rambut mengembang. Aplikasikan masker rambut secara merata sehabis keramas, diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas kembali dengan air.

Anda juga dapat mengoleskan minyak berbahan alami seperti minyak zaitun dan minyak kelapa. Minyak zaitun dapat membantu mempertahankan kelembapan, melembutkan dan memperkuat rambut hingga ke akarnya. Sementara minyak kelapa selain melembapkan juga dapat melindungi rambut dari kerusakan.

Untuk menyempurnakan, Anda juga dapat menggunakan vitamin pada bagian pangkal hingga ujung rambut untuk mengunci kelembapan dan mengatasi rambut pecah-pecah dan bercabang.

5 dari 7 halaman

4. Jangan Sering Menggunakan Alat Penata Rambut

ilustrasi menata rambut©shutterstock.com/Justaman

Tips merawat rambut kering dan mengembang yang ke empat adalah dengan meminimalisir penggunaan alat styling atau penata rambut seperti hair dryer, catokan, dan pengeriting. Penggunaan alat penata rambut, seperti hair dryer, catokan, dan pengeriting dapat membuat rambut terasa panas dan berujung pada kekeringan dan kerusakan rambut apabila digunakan terlalu sering.

Tambahan, ketika akan menggunakan hair dryer, usahakan rambut telah cukup kering sekitar 90% sebelum terpapar oleh hair dryer. Disarankan untuk lebih sering mengeringkan rambut dengan kain terlebih dahulu. Biarkan helai-helai rambut bernapas dan kering secara alami sebelum ditata. Aplikasikan juga heat protectant pada setiap helai rambut sebelum kontak langsung dengan catokan atau pengeriting yang panas.

6 dari 7 halaman

5. Gunakan Jenis Sisir yang Tepat

ilustrasi sisir©shutterstock.com/Aksenova Natalya

Tips merawat rambut kering dan mengembang yang kelima adalah dengan memperhatikan pemilihan sisir yang digunakan sehari-hari. Bentuk sisir juga sangat berpengaruh pada tampilan rambut Anda.

Bagi pemilik rambut kering, mengembang dan susah diatur, disarankan untuk memilih sisir yang bergigi jarang-jarang. Bentuk sisir yang seperti ini dapat membantu menghindari terjadinya kerontokan berlebih yang sering terjadi pada rambut yang kering.

7 dari 7 halaman

6. Konsumsi Banyak Sayur dan Buah

sehat©www.newsnish.com

Tips merawat rambut kering dan mengembang yang terakhir adalah dengan memperhatikan asupan makanan Anda. Perawatan dari luar tentu penting, namun perawatan dari dalam lebih penting lagi.

Cara merawat rambut dari dalam adalah dengan rajin mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti, ikan salmon. Ikan salmon dapat membantu rambut menjadi lebih sehat dan berkilau.

Selain ikan salmon, Anda juga harus rutin mengonsumsi sayur bayam. Sayur bayam berguna untuk mengatasi rambut rapuh. Konsumsi juga jambu biji, yang berfungsi untuk mencegah kerusakan rambut.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini