Pondok Pesantren di Rembang Ini Berada di Tengah Hutan, Begini Kisahnya

Selasa, 4 Mei 2021 12:16 Reporter : Shani Rasyid
Pondok Pesantren di Rembang Ini Berada di Tengah Hutan, Begini Kisahnya Pondok Pesantren yang berada di tengah hutan. ©YouTube/Musyafa Musa

Merdeka.com - Pondok Pesantren Nurul Mustofa terletak di Desa Bonang, Kecamatan Lasem, Rembang. Berbeda dari kebanyakan, ponpes itu banyak memiliki sisi keunikan, salah satunya perihal lokasinya yang berada di tengah hutan.

Selain itu, pondok pesantren itu berada di atas bukit. Dari sana, pengunjung dapat melihat panorama Laut Jawa yang memukau ditemani alunan kicau burung, terutama saat sore hari.

Pengasuh Ponpes Nurul Mustofa, Saifullah Abdullah, atau akrab disapa Gus Saiful, bercerita pada tahun 2016 silam, seorang warga Desa Bonang mewakafkan tanah seluas 3-4 hektare untuk dibangun pondok pesantren. Namun perlu usaha ekstra keras untuk mengubah kawasan yang tadinya semak belukar itu menjadi pondok pesantren.

Bahkan saat proses babat alas, tim pembangunan pondok banyak menjumpai ular berbisa dan gerombolan babi hutan. Berikut kisah dari pondok pesantren yang berada di tengah hutan itu.

Baca Selanjutnya: Dulunya Hutan Belantara...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jateng
  3. DIY
  4. Berita
  5. Rembang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini