5 Fungsi Dinding Sel Tumbuhan Beserta Fungsinya yang Perlu Diketahui

Selasa, 30 Juni 2020 19:15 Reporter : Jevi Nugraha
5 Fungsi Dinding Sel Tumbuhan Beserta Fungsinya yang Perlu Diketahui ilustrasi tanaman. ©aryaexim.com

Merdeka.com - Dinding sel atau yang biasa disebut tembok sel merupakan lapisan di luar membran sel yang mengelilingi jenis sel tertentu. Biasanya dinding sel ini terdapat pada tumbuhan, jamur, bakteri, dan jamur. Dinding sel menyebabkan sel tidak dapat bergerak dan berkembang secara bebas, seperti sel yang terdapat pada tumbuhan.

Walau begitu, dinding sel dapat berdampak positif pada tumbuhan, sebab hal ini berfungsi memberikan perlindungan serta penyaring (filter) terhadap tumbuhan itu sendiri. Selain itu, dinding sel juga dapat mencegah terjadinya tekanan air yang berlebih saat memasuki sel. Sehingga dinding sel berperan penting dalam menjaga keseimbangan proses pertumbuhan.

Di samping itu, dinding sel terbuat dari beragam komponen, hal ini tergantung golongan organisme. Secara umum, dinding sel yang terdapat pada tumbuhan terbentuk oleh lignin, hemiselulosa, serta polimer karbohidrat. Adapun pada bakteri, dinding sel terbentuk oleh suatu glikoprotein yang disebut peptidoglikan.

1 dari 3 halaman

Mengenal Dinding Sel Tumbuhan

9 fungsi badan golgi pada tumbuhan sebagai sekresi hingga pembentuk sel dinding

©2020 Merdeka.com

Dinding sel yang terdapat pada tumbuhan merupakan struktur yang berada di luar membran plasma. Dinding sel ini berperan sebagai pembatas ruang untuk pembesaran sel-sel tumbuhan. Selain itu, dinding sel tumbuhan juga dapat diartikan sebagai struktur ekstraseluler yang ada pada tumbuhan, di mana hal ini sebagai pembeda antara tumbuhan dan sel-sel pada hewan.

Sebagian besar dinding sel tumbuhan dibentuk oleh polimer karbohidrat seperti pektin, selulosa, hemiselulosa, serta lignin. Selain itu, dinding sel juga memiliki sejumlah protein struktural sebesar 1 hingga 5%. Hal ini berperan penting dalam memberi perlindungan dan penyaring terhadap tumbuhan tersebut.

2 dari 3 halaman

Fungsi Dinding Sel Tumbuhan

ilustrasi pohon buah delima

©Shutterstock/Shchukin Igor

Dinding sel dapat berdampak positif pada tumbuhan, sebab hal ini berfungsi memberikan perlindungan serta penyaring (filter) terhadap tumbuhan itu sendiri. Selain itu, dinding sel juga memiliki beberapa fungsi lainnya, di antaranya sebagai berikut:

1. Melindungi dari Ancaman dan Bahaya

Fungsi dinding sel yang pertama ialah melindungi dari ancaman bahaya. Tumbuhan memiliki sifat yang tidak dapat berpindah atau bergerak, oleh karena itu jenis makhluk hidup ini membutuhkan perlindungan. Dinding sel memiliki kemampuan untuk menjadikan tumbuhan kaku, sehingga berperan penting dalam memberi perlindungan dari serangan patogen serta mikro organisme yang berbahaya.

2. Menentukan Bentuk dan Kekuatan Tumbuhan

Fungsi dinding sel berikutnya yaitu dapat menentukan bentuk, kekuatan, serta dukungan terhadap tumbuhan. Hal ini karena sebagian besar dinding sel terdiri dari selusa yang di dalamnya terdapat beragam molekul D glukosa, sehingga dapat menciptakan tekstur sel yang kokoh dan kuat.

Selain itu, dinding sel tersebut juga berperan penting dalam membantu tumbuhan untuk berdiri tegak dan bertanggung jawab dalam menentukan dan memelihara bentuk sel.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Dnding Sel Tumbuhan

macam tumbuhan

©2020 Merdeka.com

Dinding sel yang terdapat pada tumbuhan memiliki beragam jenis. Beberapa jenis ini akan membantu proses pembentukan tanaman agar menjadi sempurna dan saling melengkapi untuk dapat berfotosintesis dengan baik.

Secara umum, jenis dinding sel dibagi menjadi tiga, yaitu dinding sel utama atau primer, dinding sel sekunder, dan dinding sel lamella tengah.

Dinding sel utama atau primer merupakan dinding sel yang dapat tumbuh dengan mekanisme tumbuhan asam. Adapun dinding sel sekunder adalah lapisan tebal yang terbentuk di dalam dinding sel primer dan terletak di antara sel primer dan membran plasma.

Sedangkan lamella tengah merupakan suatu lapisan dinding sel tumbuhan yang sarat akan kandungan paktin dan terletak di lapisan paling luar yang akan menyatukan beberapa sel tumbuhan tersebut.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini