Kenali Penyebab Batuk Pilek pada Anak, Berikut Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami

Jumat, 20 Mei 2022 17:17 Reporter : Novi Fuji Astuti
Kenali Penyebab Batuk Pilek pada Anak, Berikut Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami Ilustrasi anak sakit. ©Shutterstock/wavebreakmedia

Merdeka.com - Batuk pilek merupakan gejala Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) pada anak usia di bawah 5 tahun. Batuk secara refleks dapat menjadi faktor protektif menjaga saluran pernapasan dari obstruksi zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Hidung ditutupi oleh jaringan halus yang disebut mukosa dan menghasilkan lendir untuk melindungi hidung. Apabila jaringan ini teriritasi maka akan membengkak dan menghasilkan banyak lendir yang menyumbat hidung.

Kondisi tersebut tentu saja menyulitkan anak saat bernapas, tak jarang membuat anak rewel dan menangis seharian. Selanjutnya nafsu makan pun akan berkurang. Sebagai orang tua tentu kita akan merasa khawatir.

Maka dari itu, setiap orang tua wajib tahu mengenai penyebab batuk pilek pada anak, berikut cara mengatasinya dengan bahan alami yang ada di sekitar rumah. Berikut informasinya telah dirangkum merdeka.com melalui healthline dan berbagai sumber lainnya.

2 dari 3 halaman

Penyebab Batuk Pilek Pada Anak

Sebagian besar batuk pilek pada anak-anak atau bayi biasanya disebabkan oleh virus RSV (Respiratory Syncytial Virus) yang bersifat self limited. Self limited disease merupakan suatu penyakit yang bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan tertentu dan lebih cepat sembuh daripada yang disebabkan oleh bakteri.

Jalan masuknya virus ke dalam tubuh adalah melalui partikel udara (droplet), lalu masuk ke hidung, menempel di permukaan dinding sel epitel, masuk ke bronkus, lalu ke traktus respiratorius atau saluran pernapasan sehingga timbul gangguan saluran pernapasan. Virus juga dapat menyebar ketika status imun anak menurun dan kontak langsung dengan penderita.

Penyebab batuk pilek pada anak juga dipengaruhi oleh beberapa ha, yaitu sebagai berikut:

  • Status gizi malnutrisi
  • Berat badan lahir rendah
  • Paparan asap rokok,
  • Riwayat tidak diberi ASI Eksklusif
  • Status imun rendah
  • Paparan asap kayu bakar untuk memasak
  • Paparan obat nyamuk bakar dan daerah tempat tinggal baik pedesaan maupun kota
3 dari 3 halaman

Cara Mengatasinya

1. Lemon

Cara mengatasi batuk pilek pada anak yang pertama adalah dengan memanfaatkan lemon yang terkenal memiliki kandungan senyawa yang dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan sakit dan radikal bebas di dalam tubuh.

Perasan jeruk lemon dengan madu adalah obat batuk pilek anak alami untuk anak yang cukup efektif. Bila anak suka dengan rasanya, kamu bisa memberinya potongan jeruk lemon untuk diisap.

2. Madu

Cara mengatasi batuk pilek pada anak berikutnya adalah dengan mengonsumsi madu. Pasalnya madu mengandung anti mikroba yang membantu melawan virus penyebab flu. Sementara rasa manis dari madu membantu produksi saliva yang bisa mengencerkan lendir sehingga mudah dikeluarkan.

Ada banyak cara menyajikan madu sebagai obat pilek alami untuk anak. Kamu bisa mencampurnya dengan perasan jeruk lemon, atau campuran madu dengan air jahe. Semuanya sama-sama efektif meredakan gejala batuk dan pilek pada anak.

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Selain madu, saat batu pilek anak juga perlu lebih banyak mengonsumsi air putih. Pasalnya, kecukupan cairan tubuh sangat penting bagi orang yang sedang batuk atau pilek. Beberapa studi membuktikan kalau dengan minum air dengan suhu ruangan dapat meredakan gejala batuk, pilek dan bersin. [nof]

Baca juga:
Penyebab Gusi Bengkak pada Anak dan Cara Mengobatinya, Orang Tua Wajib Tahu
Pentingnya Peran Keluarga dalam Pencegahan Munculnya Perokok Usia Dini
Cara Mengajari Anak Bicara Secara Efektif, Orang Tua Wajib Tahu
Mengapa Hepatitis Akut yang Kini Menyerang Masih Disebut Misterius?
Penjelasan Lurah Tegal Alur soal Balita Gizi Buruk: Orangtua Tak Izinkan Dibawa ke RS

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini