Rupiah melemah, harga mobil makin murah

Reporter : Ardyan Mohamad | Kamis, 22 Agustus 2013 08:30

Rupiah melemah, harga mobil makin murah
pameran mobil. shutterstock

Merdeka.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meyakini target penjualan 1,1 juta unit mobil masih bisa dicapai akhir tahun nanti. Walau situasi makro perekonomian nasional beberapa waktu terakhir sedang tidak mendukung, khususnya karena pelemahan nilai tukar rupiah, pabrikan tetap menggenjot volume penjualan.

Terbukti, saat ini Agen Pemegang Merek (APM) sedang tren mendiskon harga jual, atau, minimal mencoba mengurangi besaran cicilan kredit kendaraan roda empat.

Ketua III Gaikindo Johnny Darmawan mengatakan situasi Agustus menguntungkan konsumen, sebab harga mobil pelbagai merek, rata-rata sedang murah. Kebetulan juga, tahun ini termasuk momen perang dagang antar pabrikan.

"Kalau diskon seperti sekarang, konsumen juga kan yang bahagia, kebetulan momen persaingan APM memang terjadi pada 2013, produksi meningkat dibanding 2012, tapi demand (permintaan) pasar tidak meningkat, hal ini juga ditambah inflasi, tight money policy, jadi isu yang membuat tidak kondusif," ungkapnya saat ditemui di Jakarta, kemarin.

Pria yang sekaligus menjabat sebagai presiden direktur PT Toyota Astra Motor ini meyakini pabrikan tak akan rugi. Sebab, kompensasi dari mengurangi harga jual sudah dipikirkan, khususnya dengan efisiensi produksi.

"Semua APM lagi maksa jualannya, besaran diskon yang akan bersaing, ditutupnya dari biaya produksi atau pengeluaran operasional," ungkapnya.

Walau APM sudah mengurangi biaya produksi dan mengorting harga jual, belum berarti respon pasar bergairah. Johnny masih berhati-hati memprediksi performa industri otomotif semester II tahun ini lantaran suku bunga kredit yang dipatok Bank Indonesia (BI) yakni 6,5 persen. Alhasil, cicilan kredit kemungkinan tetap dirasa tinggi oleh konsumen.

"Jadi perhatian kita juga itu suku bunga, kan lagi naik, nah itu kembali ke market, memang akan berat. Semester II tahun ini tidak akan seperti biasanya, mungkin akan sesuai target kita 1,1 juta unit, tapi kalau kenceng semua mungkin juga bisa 1,2 juta (terjual)," kata Johnny.

Satu-satunya faktor yang bisa merusak momen 'korting' harga mobil sekarang, adalah saat nilai tukar rupiah kembali anjlok. Sebab nilai acuan dolar untuk ongkos produksi beberapa APM masih dipatok Rp 9.300 per USD.

Skenario terburuk, menurut Johnny, harga mobil akan dipertahankan agar tidak naik, tapi APM mengurangi pasokan ke pasar.

"Kalau nanti masih enggak turun juga (nilai tukar) mungkin dari produksi enggak dipasok semua, ada yang diserap APM," bebernya.

Dari data Gaikindo Januari-Juli 2013, total penjualan mobil mencapai 714.400 unit. Khusus Agustus, penjualan diprediksi anjlok cukup tajam, tinggal 75.000-80.000 unit, dari Juli, yang mencapai 112.000 unit.

Baca juga:
Menkeu: Saya katakan kita tidak dalam situasi berbahaya
Dahlan: Amerika 'bersin' seluruh dunia 'flu'
Boediono: Kita takkan biarkan Rupiah jatuh seperti yoyo
Dahlan yakin pengalaman SBY mampu selamatkan perekonomian
Kondisi ekonomi saat ini berbeda dengan krisis 1998 dan 2008?

[bmo]

Komentar Anda


Suka artikel ini ?
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Be Smart, Read More
Back to the top
Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Minta suami cari kerja, Maisaroh malah ditonjok pakai batu akik
  • Polisi sebut pelaku penembakan di Puncak Jaya kelompok Tenggang Mati
  • Bingung, penculik bocah TK ajak korban ke warnet nonton film porno
  • 11 hari di Jepang, ini cerita Andien tentang bulan madu indahnya
  • Anak dibui karena sabu, sang ibu malah jadi pengedar
  • Tabung gas 3 kg rawan bocor di tengah jalan
  • Balikan dengan Andrew Garfield, bagaimana perasaan Emma Stone?
  • Menangkan Hadi Poernomo, Hakim Haswandi dinilai salahi UU
  • Terbitkan 1200 ijazah palsu, rektor gadungan di Medan ditangkap
  • Mulai 2015, setiap tahun akan muncul OS Android baru!
  • SHOW MORE