Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Proyeksi Pemulihan Sektor Riil dan Peluang Usaha di 2021

Proyeksi Pemulihan Sektor Riil dan Peluang Usaha di 2021 pertumbuhan ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Tahun 2021 menjadi harapan baru untuk pemulihan ekonomi yang selama ini terpuruk akibat pandemi covid-19. Banyak pihak yang memprediksi sektor-sektor pendukung ekonomi bisa pulih di tahun ini.

Terlebih lagi, kehadiran vaksin covid-19 yang sudah mulai didistribusikan kepada masyarakat dinilai menjadi angin segar bagi ekonomi global maupun dunia. Dengan adanya vaksin ini, diharapkan masyarakat bisa kembali beraktivitas dan sektor-sektor ekonomi kembali menggeliat.

Salah satu sektor yang diprediksi membaik adalah sektor manufaktur. Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita memproyeksikan, industri manufaktur akan tumbuh positif pada 2021, bila pandemi Covid-19 dapat teratasi.

"Dengan asumsi pandemi Covid-19 dapat dikendalikan, tentu dengan sudah ada vaksin salah satunya, sehingga aktivitas ekonomi sudah kembali pulih, kami memproyeksikan pertumbuhan industri manufaktur di Indonesia pada 2021 akan tumbuh 3,95 persen, mendekati 4 persen," kata Agus beberapa waktu lalu.

Dia optimis, seluruh subsektor industri manufaktur akan mampu tumbuh positif di tahun mendatang jika wabah virus corona dapat terkendali dengan baik. Dia mencatat, tren perbaikan industri manufaktur sudah mulai muncul pada kuartal III 2020. Diharapkan perbaikan ini terus berlanjut hingga kuartal IV 2020.

"Walaupun dalam 2 kuartal terakhir mengalami perbaikan, tetap akan terkontraksi dengan perbaikan pertumbuhan sebesar -2,22 persen. Ini proyeksi kami di penghujung tahun 2020 nanti yang tinggal beberapa hari," imbuhnya.

Adapun beberapa subsektor industri tetap diproyeksikan tumbuh positif hingga tutup tahun 2020 ini. Antara lain industri kimia, farmasi dan obat Tradisional sebesar 14,96 persen. Lalu industri pengolahan, jasa reparasi serta pemasangan mesin dan peralatan sebesar 1,15 persen, hingga industri makanan dan minuman sebesar 0,66 persen.

Pariwisata

Selain manufaktur, sektor yang diperkirakan tumbuh adalah sektor pariwisata. Namun, pemulihan ini terjadi secara bertahap mengingat pariwisata menjadi sektor paling terdampak akibat pandemi Covid-19.

Direktur Riset Center of Reform on Economy (CORE), Piter Abdullah mengatakan, pada triwulan pertama 2021 sektor pariwisata masih akan tumbuh negatif karena pandemi masih menjalar di Tanah Air. Namun harapan akan adanya vaksin dan proses vaksinasi memberi harapan baru di triwulan selanjutnya.

"Saya memperkirakan pariwisata secara bertahap akan bangkit di tahun 2021. Triwulan II saya kira akan mulai tumbuh positif dan terus berlanjut pada triwulan III dan triwulan IV-2020," kata Piter beberapa waktu lalu.

Piter menambahkan, kebangkitan pariwisata juga didorong dan didukung oleh kejenuhan masyarakat yang selama setahun terbelenggu oleh pandemi. Ketika pandemi berakhir, dia yakin kelompok masyarakat menengah atas akan keluar membanjiri daerah-daerah wisata.

Meski demikian, Asian Development Bank (ADB) memperkirakan sektor pariwisata secara global belum bisa pulih pada tahun depan. Mengingat banyaknya traveller yang menahan diri untuk melakukan bepergian lintas negara.

Vice President ADB Bambang Susantono mengatakan, belum pulihnya sektor pariwisata pada tahun depan dikarenakan dari survei yang dilakukan oleh IATA menunjukkan lebih dari 50 persen mereka yang melakukan travelling internasional tidak akan melakukan perjalanan selama enam bulan hingga setahun ke depan.

Hal ini tentunya akan memengaruhi arus penumpang pesawat dan penerbangan. "Tampaknya wisatawan dan penumpang domestik yang harus digenjot untuk membantu sektor pariwisata di masa Covid-19," ujarnya.

Dia menjelaskan hal tersebut memang terjadi di beberapa negara dan mereka pada akhirnya lebih look inside ketimbang melakukan banyak pembukaan zona batas lintas negara atau travel bubble.

UMKM

Sementara sektor yang diprediksi belum menunjukkan pemulihan adalah sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Muhammad Ikhsan Ingratubun, memproyeksikan kinerja sektor UMKM masih belum menunjukkan perbaikan hingga kuartal I-2021.

"Kita prediksi setidaknya sampai kuartal I ini sektor UMKM masih belum menunjukkan adanya perbaikan. Karena penyebaran Covid-19 sampai awal tahun ini semakin menggila, sehingga ini menggambarkan masih belum optimal lah upaya memeranginya," ujar dia saat dihubungi Merdeka.com, Senin (4/1).

Selain itu, keputusan sejumlah pemerintah daerah untuk memperpanjang kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga turut menghambat proses pemulihan sektor UMKM. Menyusul adanya pengetatan waktu operasional penjualan hingga aturan pembatasan jumlah pengunjung.

"Otomatis PSBB ini akan menghambat proses recovery UMKM. Karena akan berlaku kembali aturan pengetatan jam buka hingga batasan pengunjung," paparnya.

Pun, dia menganggap program vaksinasi juga akan memerlukan waktu lama untuk memastikan seluruh masyarakat Indonesia telah disuntik vaksin Covid-19. "Maka, tidak akan instan pula untuk pemulihannya," ucapnya.

Pengamat Koperasi sekaligus Ketua Asosiasi Kader Sosio Ekonomi Strategis (AKSES), Suroto menjelaskan, kondisi sulit yang dihadapi oleh pelaku UMKM saat ini tak lepas dari belum pulihnya daya beli masyarakat. Alhasil aneka produk UMKM saat ini belum kesulitan untuk diserap pasar.

"Karena bagaimana produk mau terserap atau laku dipasaran, kalau daya beli masih lemah. Ini kan pasti susah untuk terserap kalau masyarakat saja masih belum mampu membeli lebih," kata Suroto saat dihubungi terpisah.

Oleh karena itu, dia meminta pemerintah lebih berani mengambil terobosan untuk mempercepat penyaluran dan meningkatkan efektivitas manfaat PEN 2021. Di antaranya dengan mengalokasikan berbagai bansos ke dalam bentuk tunai.

"Tunai ini bukan hanya cepat dan juga lebih bermanfaat, tapi ada juga ada keuntungan lebih dari multiplier effect nya. Dengan tunai masyarakat bisa memperbaiki daya belinya agar lebih leluasa untuk memenuhi kebutuhannya. Seperti bisa untuk belanja di warung tetangga, sehingga dengan sendirinya UMKM akan dapat bangkit," terangnya.

Peluang Usaha

Terlepas dari sektor yang membaik maupun belum pulih, peluang untuk meraih cuan masih terbuka lebar di tengah pandemi covid-19, menyusul adanya sejumlah bisnis yang justru tumbuh pesat di masa kedaruratan kesehatan ini.

"Untuk tahun 2021 masih ada peluang utnuk meraup keuntungan. Setelah sejumlah bisnis akan memiliki prospek baik di tengah pandemi Covid-19," kata Perencana keuangan Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho saat dihubungi Merdeka.com, Senin (4/1).

Pertama, bisnis makanan sehat. Sebab, di masa kedaruratan kesehatan akibat Covid-19 ini kesadaran orang untuk menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi terus meningkat.

"Bisnis dengan produk makanan sehat ini akan menjadi hits. Dengan keinginan agar tetap sehat orang mulai merubah mindset untuk mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi," jelas Andy.

Kedua, ialah bisnis perawatan kecantikan. Mengingat di tengah pandemi ini banyak orang yang memilih menghilangkan setres dengan pergi ke salon kecantikan untuk memanjakan diri. "Selain untuk mengusir stres akibat pandemi Covid-19. Tren kekinian juga karena orang ingin tetap di rumah namun tampil trendy," tambahnya.

Ketiga, bisnis tanaman hias. Menurutnya, tren bisnis ini kembali hits karena kegiatan bercocok tanam dirasa sangat cocok untuk memupuk rasa kebersamaan antar anggota keluarga di tengah pandemi.

Keempat, bisnis jastip alias jasa titip. Bisnis jenis ini diyakini akan terus tumbuh subur setelah masih enggannya sebagian masyarakat untuk berbelanja di luar rumah akibat takut tertular virus Covid-19.

"Khususnya bagi masyarakat kota, yang mempunyai kekhawatiran lebih tinggi i untuk berbelanja di luar rumah pasti memilih untuk menggunakan jastip ini sebagai solusinya," tuturnya.

Kelima, bisnis pembuatan website. Andy mengatakan, lakunya bisnis jasa penyedia website ini tak lepas dari banyaknya pelaku bisnis offline yang kini beralih ke ekosistem digital.

"Jadi, semakin banyak orang beralih ke online ini. Maka semakin laris pula penyedia jasa website yang sekarang mudah di cari lewat google ini," ucap dia mengakhiri.

(mdk/azz)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Industri Penerbangan RI Mulai Pulih Usai Terseok-seok Saat Pandemi Covid-19
Industri Penerbangan RI Mulai Pulih Usai Terseok-seok Saat Pandemi Covid-19

Setelah melewati tantangan sejak 2019 hingga 2022 lalu, industri penerbangan nasional mulai menunjukkan momentum bangkit di 2023.

Baca Selengkapnya
Kesulitan Ekonomi Berpotensi Picu Stroke, Yastroki Desak Pemerintah Terpilih Utamakan Usaha Mikro
Kesulitan Ekonomi Berpotensi Picu Stroke, Yastroki Desak Pemerintah Terpilih Utamakan Usaha Mikro

pemerintah hasil Pemilu 2024 didesak agar mengutamakan pemberdayaan ekonomi mikro berbasis lingkungan.

Baca Selengkapnya
Kinerja Industri Pembiayaan Diprediksi Tumbuh Hingga 16 Persen di 2024
Kinerja Industri Pembiayaan Diprediksi Tumbuh Hingga 16 Persen di 2024

Industri pembiayaan diprediksi akan terus meningkat tahun ini.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ekonomi Indonesia Tahun 2023 Malah Melemah di Tahun Politik, Ada Apa?
Ekonomi Indonesia Tahun 2023 Malah Melemah di Tahun Politik, Ada Apa?

Persiapan pemilu juga ikut memengaruhi pertumbuhan ekonomi di kuartal IV-2023.

Baca Selengkapnya
Pengembangan Ekonomi Hijau di Indonesia Belum Menggiurkan Buat Investor
Pengembangan Ekonomi Hijau di Indonesia Belum Menggiurkan Buat Investor

Ekonomi hijau dinilai sebagai solusi dari sistem ekonomi eksploitatif yang selama ini cenderung merusak lingkungan.

Baca Selengkapnya
Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen, Ganjar Tak Hanya Andalkan BUMN
Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen, Ganjar Tak Hanya Andalkan BUMN

Ganjar yakin pertumbuhan ekonomi akan didominasi oleh sektor UMKM.

Baca Selengkapnya
Sisi Lain Addin Jauharudin Ketum GP Ansor, Sangat Suka Ngobrolin Masalah Ekonomi karena Alasan Ini
Sisi Lain Addin Jauharudin Ketum GP Ansor, Sangat Suka Ngobrolin Masalah Ekonomi karena Alasan Ini

Di kalangan pemuda NU, sosoknya dikenal dengan gagasan pengembangan ekonomi

Baca Selengkapnya
Jalankan Bisnis Bareng Sejak Kuliah, Pasutri Asal Malang Mengaku Rezekinya Mengalir Deras setelah Punya Anak
Jalankan Bisnis Bareng Sejak Kuliah, Pasutri Asal Malang Mengaku Rezekinya Mengalir Deras setelah Punya Anak

Saat pertama kali berkenalan, keduanya sama-sama memiliki latar belakang ekonomi yang sulit.

Baca Selengkapnya
Gawat, OJK Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Dunia Melemah di Tahun 2024
Gawat, OJK Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Dunia Melemah di Tahun 2024

Proyeksi ini sejalan dengan berbagai rilis lembaga internasional yang menyebutkan hal serupa.

Baca Selengkapnya