[Review] Asha 501, 'smartphone' Nokia harga kaki lima

Reporter : Alvin Nouval | Sabtu, 11 Mei 2013 00:04




[Review] Asha 501, 'smartphone' Nokia harga kaki lima
Nokia Asha 501. ©2013 Nokia.com

Merdeka.com - Nokia melakukan gebrakan baru dengan meluncurkan 'smartphone' termurah seharga satu jutaan bernama Asha 501. Namun, apakah harga yang ditawarkan ini sebanding dengan apa yang diberikan?

Seperti yang dilansir oleh Cnet (9/5), perangkat ini sendiri sebenarnya diluncurkan untuk pasar menengah ke bawah. jadi, tidak salah jika peluncurannya hanya akan dilakukan di negara 'kelas tiga' seperti India dan Amerika Latin.

Oleh karenanya, bisa dipastikan bahwa perangkat ini tak akan memberikan fitur-fitur yang terlalu muluk. Setidaknya, inilah penilaian dari perangkat ini.

Tampilan fisik

Dari segi body, Asha 501 tampak meniru tampilan berbagai produk Nokia belakangan ini. Hal ini terlihat dari bentuk candy bar yang terdapat pada perangkat sejenis seperti Lumia 520.

Dari material yang dipilih sendiri, Nokia menggunakan bahan polikarbonat untuk melapisi jeroan perangkat ini. 'Plastik' ini wajar menjadi pilihan mengingat ini adalah perangkat murah.

Namun, meskipun terbuat dari bahan murah, ketahanannya tidak boleh dipandang sebelah mata. Kekuatan Nokia masih nampak di perangkat ini, berbagai tes yang cukup brutal ternyata mampu menunjukkan bahwa bodi perangkat ini tahan siksaan.

Backpanel perangkat ini pun sangat unik. Selain tersedia dalam berbagai warna menarik, ternyata backpanel ini juga dijual terpisah sehingga pengguna bisa menggantinya sesuai selera.

Sementara itu, untuk layar sendiri bisa dibilang sedikit mengecewakan. Hal ini wajar karena perangkat ini hanya dijual di kisaran satu jutaan.

Perangkat ini hanya mendukung tampilan sebesar 320 x 240 pixel. Sangat buruk bagi sebuah smartphone.

Namun, tidak perlu khawatir berlebihan. Teks dan gambar masih bisa terlihat jelas dengan layar serba minim ini.

Software dan fitur

Berbeda dari kebanyakan smartphone Nokia yang menggunakan Windows Phone, Asha 501 hanya memiliki Nokia Asha software platform 1.0. Jadi, perangkat ini sebenarnya lebih cocok dipanggil feature phone ketimbang smartphone.

Meski begitu, perangkat ini juga tidak 'bodoh-bodoh' amat. Banyak fiturnya yang bisa ditemukan dalam smartphone kebanyakan.

Salah satunya, ada fitur notifikasi yang muncul meskipun layar pengguna terkunci. Notifikasi ini bisa memunculkan SMS, MMS, Missed Call. dan sebagainya.

Selain itu, ada pula berbagai aplikasi khas smartphone mulai dari game hingga chat. Jadi, pengguna pun bisa menggunakan WhatsApp, Facebook, Twitter dan Plants Vs. Zombies di perangkat ini.

Penggunaannya pun cukup mudah. Pengguna akan merasa tidak sedang menggunakan perangkat ecek-ecek meskipun Asha 501 ini serba kekurangan.

Kesimpulan

Bagi Anda yang ingin memiliki smartphone dengan spesifikasi layaknya iPhone 5 atau Galaxy S4, jelas Asha 501 ini bukanlah pilihan. Namun, bagi yang ingin merasakan bagaimana menggunakan smartphone tetapi dananya amat terbatas, Asha 501 ini bisa jadi alternatif.

Berita terkait:
Nokia Asha 501 resmi dirilis
Foto Nokia Asha 501 terkuak

[nvl]
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman

KUMPULAN BERITA
# HP Nokia# Smartphone

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Ini 4 masakan istri wali kota Solo yang digandrungi Megawati
  • ABG wanita di Rohul diperkosa 4 pria, satu pelaku kakek 54 tahun
  • Pasek: Ibas dan Syarief Hasan lebih layak dipecat dari Demokrat
  • Gunung Gamalama erupsi, Peringatan HUT Kota Ternate dibatalkan
  • Faisal Basri minta pemerintah subsidi Pertamax
  • Gaji Rp 1 juta, tukang sapu di Bekasi kesehatannya tak terjamin
  • Kasus Annas Mamun berpotensi dilindungi Lembaga Kepresidenan
  • Megawati masih punya pengaruh menentukan kabinet Jokowi-JK
  • Tim Faisal Basri minta Pertamina stop impor premium
  • Baru 11 tahun, bocah di Sydney sudah ujian kelulusan setara SMA
  • SHOW MORE